Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah :
Tema : Diri Sendiri
Kelas/Semester : II / 1
Alokasi Waktu : 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. PKn
- Membiasakan hidup bergotong royong
2. IPS
·
Memahami
peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
3.
IPA
·
Mengenal
bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
4.
Matematika
·
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
sampai 500
5.
Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·
Memahami teks pendek dan puisi anak yang
dilisankan.
Berbicara
·
Mengungkapkan
pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca
·
Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan
membaca puisi anak.
Menulis
·
Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi
cerita dan dikte.
6. Seni Budaya Keterampilan
- Seni Rupa : Mengapresiasi karya seni rupa.
- Seni Tari : Mengapresiasi karya seni tari
Kompetensi
Dasar :
1. PKn
- Mengenal pentingnya hidup rukun,
saling berbagi dan tolong menolong.
2. IPS
- Memelihara dokumen dan koleksi
benda berharga miliknya
- Memanfaatkan
dokumen dan benda penting keluarga secara kronologis
3. IPA
·
Mengenal
bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan , di sekitar rumah dan sekolah melalui
pengamatan.
- Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair yang ada
di lingkungan sekitar
4. Matematika
·
Membandingkan
bilangan 1 sampai 500
- Mengurutkan bilangan sampai 500
5. Bahasa
Indonesia
- Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks
pendek .
- Mendeskripsikan isi puisi
·
Bertanya
kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun
berbahasa.
·
Mendeklamasikan
puisi denga ekspresi yang tepat.
·
Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·
Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
·
Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang
tepat.
·
Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru
dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital,
tanda titik.
6. Seni Budaya Keterampilan.
- Mengenal unsure rupa pada karya seni rupa
- Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada karya seni
rupa.
- Mengidentifikasi gerak alam semesta
I. Tujuan Pembelajaran****:
Siswa dapat :
- Menjelaskan arti rukun
- Menyebutkan
manfaat saling berbagi dengan teman.
·
Menunjukkan
dokumen diri dan keluarga
·
Menceritakan
peristiwa yang berkesan waktu kecil
tentang diri dan keluarga melalui
dokumen.
·
Menceritakan
cara memelihara dokumen pribadi.
·
Menyampaikan
pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami teman.
·
Mengidentifikasi
bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah.
·
Mengidentifikasi
bagian utama tumbuhan
·
Menjelaskan
sifat benda padat
·
Menjelaskan
sifat benda cair.
·
Menentukan
bilangan 1 samapai 500
·
Menentukan
bilangan lebih besar.
·
Menentukan
bilangan lebih kecil.
·
Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan
symbol <, > , =.
·
Membandingkan kumpulan benda denagn menggunakan
istilah lebih dari, kurang dari.
·
Menyusun
bilangan dari yang terkecil ke terbesar.
·
Menyusun
bilangan dari yang terbesar ke terkecil.
·
Menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 –
500.
·
Menyebutkan
pengertian bilangan genap.
·
Menyebutkan
pengertian bilangan ganjil.
·
Menjelaskan
perbedaan bilangan genap dan ganjil.
·
Mengurutkan
bilangan ganjil dari 1 – 21
·
Mengurutkan
bilangan genap dari 2 – 20.
·
Mendengarkan
teks pendek yang dibacakan guru.
·
Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek
yang dibacakan guru
·
Menceritakan
kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·
Menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri
·
Menjawab pertanyaan tentang isi puisi
·
Mendeklamasikan
puisi
·
Menjelaskan
isi puisi
·
Memperagakan
percakapn
·
Membuat
percakapan.
·
Memberikan
tanggapan terhadap cerita teman.
·
Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang
tepat.
·
Membaca
teks dengan bersuara.
·
Mengajukan
pertanyaan bacaan,
·
Menceritakan
kembali isi bacaan.
·
Membaca
puisi
·
menceritakan
isi puisi..
·
Melengkapi
cerita
·
Menyusun
kalimat menjadi cerita
·
Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf
bersambung.
·
Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan
menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda
titik.
·
Menggunakan huruf capital dalam kalimat.
·
Mengelompokkan berbagai jenis bidang dan bentuk
ritme keseimbangan dan kesatuan.
·
Mengelomplokkan berbbagai ukuran : bintik, garis,
bidang warna, dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar.
·
Mengungkapkan perasaan ketertarikan pada
imajinatif dan berbagai unsure rupa benda di alam sekitar.
·
Memilih objek benda alam yang menarik.
·
Mengungkapkan perasaan secara lisan tentang objek
imajinatif yang diamati dari berbagai unsure seni rupa dan perpaduannya pada
karya seni rupa.
·
Memilih keindahan unsure rupa dan perpaduannya dan
karya seni rupa.
·
Membedakan gerak angina sepoi-sepoi dengan gerak
angina rebut.
·
Menunjukkan perbedaan air mengalir dengan air
sedang bergelombang.
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu, Cinta
tanah air, Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab.
v
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Hidup gotong royong.
·
Dokumen pribadi dan keluarga
·
Manfaat dokumen.
·
Bagian utama tumbuhan dan hewan
·
Sifat benda
·
Bilangan 1 – 500
·
Mengurutkan bilangan.
·
Mendengarkan teks pendek.
·
Deskripsi puisi.
·
Percakapan]
·
Puiai
·
Membaca teks pendek.
·
Menjelaskan isi puisi
·
Melengkapi kalimat.
·
Menulis.
·
Unsur rupa
·
Gerak alam semesta.
III. Metoda
Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
Langkah
Kegiatan
|
Pegorganisasian
|
Pengembangan Diri
|
||
Kelas
|
Waktu
|
Penilaian
|
||
A. Kegiatan
awal :
Apresepsi/
Motivasi :
·
Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan
materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan cara duduk yang baik ketika
menulis, membaca.
·
Mengumpulkan
tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu ke 1
Pertemuan pertama : 3
x 35 menit ( Matematika, B. Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati bilangan yang
ditulis di papan tulis dari bilangan 1 sampai 500.
F Siswa membaca bilangan dengan
tepat.
F Menyimak teks pendek yang dibacakan guru.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pemberian tugas
siswa dapat menentukan anatara bilangan lebih besar dan lebih kecil.
F Melakukan tanya jawab
tentang isi teks pendek yang dibacakan guru.
F Menceritakan kembali isi teks pendek dengan bahasa sendiri.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35
menit ( Matematika, Bahasa Indonesia,
IPS)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat mendeskripsikan isi puisi dengan
menafsirkannya menggunakan bahasa sendiri
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membandingkan dua buah
bilangan dengan menggunakan simbul <, >, =
F Siswa dapat membandingkan
dua buah bilangan dengan menggunakan istilah lebih dari dan kurang dari.
F Siswa dapat menjawab
pertanyaan tentang isi puisi yang telah dibacakan.
F Melalui Tanya jawab siswa
dapat menjelaskan tentang dokumen pribadi.
F Menyebutkan jenis – jenis dokumen pribadi dan
keluarga.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit (
Matematika, , B Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendeklamasikan puisi dengan lafal dan intonasi
yang tepat.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dapat membandingkan
dua kumpulan benda dengan menggunakan
istilah lebih dari dan kurang dari.
F Menyusun bilangan dari yang
terkecil ke terbesar dengan teliti.
F Siswa dapat menbaca kalimat
percakapan dan melakukan percakapan di depan teman lainnya.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x 35
menit. ( B. Indonesia,IPA, PKn )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penuh percaya diri
siswa dapat membuat kalimat percakapan bersama-sama.
F Dengan penjelasan guru siswa dapat memberikan
tanggapan terhadap cerita teman.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan dan
percobaan sederhana siswa dapat mengidentifikasi tumbuhan.
F Melalui diskusi dan tanya
jawab siswa dapat menjelaskan arti rukun.
F Siswa dapat memahami cara hidup bergotong royong.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( B.Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendeklamasikan puisi
dengan ekspresi yang wajar dengan gerakan tubuh dan mimik yang tepart.
F Siswa membaca teks pendek dengan susra yang nyaring (
terdengar oleh orang lain)
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melakukan tanya jawab
tentang teks yang telah dibaca.
F Melalui penugasan siswa
menunjukkan dokumen diri dan keluarga.
F Siswa dapat memperlihatkan
contoh akte kelahiran dan kartu keluarga.
F Melalui penugasan dari guru
siswa dapat menulis bilangan dengan tepat.
F Siswa menulis bilangan secara urut dari 1 – 500.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3 x 35
menit (Seni Budaya dan Keterampilan,
B.
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Secara individual siswa membaca bilangan 1-500
F Melalui pengamatan pada
model dan percobaan sedrhana siswa dapat menyebutkan bagian utama hewan.
F Siswa menjelaskan
mengenai unsur seni rupa .
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan bilangan dari 1 – 500 secara urut secara klasikal.
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat mengelompokkan
jenis bidang dan bentuk.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan pertama 3 x
35 menit (Matematika, B. Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penjelasan
guru siswa dapat menyebutkan pengertian bilangan genap.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dapat mengelompokkan
bilangan yang termasuk bilangan genap.
F Siswa dapat menyusun
percakapan dan memberikan tanggapan
terhadap cerita teman.
F Siswa dapat menceritakan
kembali isi bacaan.
F Membaca puisi dan menceritakan isi puisi secara individual.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x
35 menit (Matematika, B. Indonesia, IPS
)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan tentang pengertian bilangan ganjil.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dapat menyebutkan b10 bilngan ganjil dengan
benar.
F Siswa dapat mengajukan
pertanyaan dari bacaan teks yang telah
dibacakan
F Siswa disuruh membacakan
teks pendek secara kelompok.
F Secara individual siswa
menceritakan pengalaman / peristiwa yang berkesan pada waktu kecil.
F Siswa menuliskan riwayat keluarganya.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga a 3 x
35 menit (Matematika, B. Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa meniru/ menyebutkan kembali bilangan ganjil dari 21 – 41.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan bilangan
ganjil dari 11 – 21.
F Siswa menceritakan kembali
isi teks yang telah dijelaskan sesuai dengan kemampuannya.
F Siswa dengan lancar menceritakan isi bacaan
dengan benar dan jelas.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x
35 menit (B. Indonesia, PKn, IPA )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan bagian
–bagian dari tumbuhan secara keseluruhan .
F Menjelaskan cerita yang didenagr dari guru/ orang
lain.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyimpulkan isi teks
pendek dari 10 – 15 kaliamt
F Siswa dapat menyebutkan
beberapa contoh hidup rukun.
F Siswa dapat menyebutkan bagian utama dari tumbuhan
yang ada di lingkungan rumah.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3
x 35 menit (B. Indonesia, IPS,
Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan cara
memelihara dokumen pribadi
F Guru menjelaskan perbedaan bilangan genap dan
bilangan ganjil.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dapat menyusun
kalimat menjadi sebuah cerita yang baik.
F Siswa melengkapi sebuah
cerita yang belum sempurna.
F Siswa membawa dokumen berupa foto-foto kegiatan
masing-masing.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3 x
35 menit (Matematika, Seni Budaya dan
Keterampilan,IPA )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Secara klasikal siswa menyebutkan
bilangan genap
F Siswa individual siswa menyebutkan bilangan
genap.
F Siswa menyebutkan ciri-ciri
benda padat dengan jelas.
F Siswa menjelaskan sifat
benda padat dari hasil yang telah dijelaskan oleh guru.
F Siswa menjelaskan bentuk
ritme dengan keseimbangan kesatuannya.
F Siswa dapat mengelompokkan
berbagai ukuran yang telah ditentukan baik bintik, garis maupun bidang warna.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 3
Pertemuan pertama 3
x 35 menit (Matematika, B.
Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mampu menyebutkan
bilangan ganjil dari 1 – 49.
F Siswa secara klasikal
menyebutkan bilangan ganjil dari 1 – 49
F Siswa menuliskan kalimat
sederhana dengan mengguankan huruf sambung.
F Siswa menuliskan kalimat yang didiktekan oleh guru.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit
(Matematika, B. Indonesia, IPS ).
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penguasaannya siswa
mampu mengulang bilangan 1 – 500 dengan diucapkan.
F Denagn penulisan secara
berulang siswa dapat menuliskan bilangan ganjil dengan berurut dari terkecil
ke terbesar dan sebaliknya.
F Menulis kalimat dengan
mengguanakn huruf sambung
F Menyimak dan menuliskan
kalimat dikte dengan memperhatikan huruf besar dan tanda baca.
F Dengan pendapatnya masing-masing siswa memberi komentar
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 3 x
35 menit (Matematika, B. Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menyebutkan bilangan
ganjil dari 11 – 21.
F Siswa meniru/ menyebutkan
kembali bilangan ganjil dari 21 – 41.
F Siswa menceritakan kembali
isi teks yang telah dijelaskan sesuai dengan kemampuannya.
F Siswa dengan lancar menceritakan isi bacaan dengan
benar dan jelas.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit
(Matematika, B. Indonesia )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menuliskan kalimat
denga menggunakan huruf kapital yang
benar.
F Guru mendiktekan kalimat dengan menggunkan huruf kapital
yang benar.
F Guru menceritakan
pengalaman saling berbagi dengan teman.
F Siswa dapat menyebutkan manfaat saling berbagi dengan
teman.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x
35 menit (Matematika, B. Indonesia,
IPS )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan kecepatannya siswa
mampu menyebutkan bilangan ganjil.
F Siswa dengan cepat
menyebutkan bilangan genap.
F Dengan penjelasan guru
siswa dapat mempergunakan hurif kapital pada kalimat dengan benar.
F Dengan pendapat yang disampaikannya siswa berani
berkomentar tentang peristiwa yang dialami oleh temannya.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3 x
35 menit (Matematika, IPA, SBK )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dari perlombaan antar kelompok siswa menunjukkan
keberaniannya untuk menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh guru tentang
bilangan ganjil dan bilangan genap.
F Siswa membedakan antara
benda padat dengan benda cair.
F Melalui pengamatan dan
pengalaman siswa menyebutkan sifat benda cair dan padat.
F Dengan kekreatifannya siswa
dapat menunjukkan sikap terhadap benda alam di sekitar.
F Melalui gerakan siswa
membedakan gerakan angin sepoi-sepoi dengan angin ribut.
F Siswa meeragakan gerakan tari yang menyerupai aliran air
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari
tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
|
|
|
|
|
V. Alat dan
Sumber Belajar
- Buku
Sumber :
F
Buku Pengetahuan sosial 2 SD kelas 1, Penerbit Buku relevan
F
Buku Sains SD Kelas 2, Penerbit Buku relevan
F
Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 2 SD , Penerbit Buku relevanPratama
F
Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 2, Penerbit Buku relevan.
F
Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 2, Penerbit Buku relevan
F
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 2, Penerbit Buku relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 2, Penerbit Geugeur Sunten.
·
Alat Peraga
:
F
Kartu bilangan
F
Contoh benda cair, benda padat.
F
Gambar tanaman dan binatang.
F
Lembar puisi.
F Contoh akte , kartu keluarga, KTP, Foto-foto
keluarga.
VI. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Nilai Budaya
Dan Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||
· Disiplin,
· Kerja keras
· Kreatif,
· Demokratif
· Rasa Ingin tahu,
· Cinta tanah air,
· Bersahabat,
· Menghargai prestasi,
· Gemar membaca,
· Peduli lingkungan,
· Peduli sosial,
· Tanggung jawab.
|
B. Indonesia
IPA
IPS
|
tertulis, lisan, perbuatan
|
isian,essay, skala sikap, portofolio
|
B. Indonesia
IPA
IPS
·
LKS,
Lembar observasi
|
Lembar Kerja Siswa IPA
Kelompok : .......................
Anggota :
- ................................
- ...............................
- ...............................
- ...............................
- ...............................
Ayo tulis 10 macam peralatan yang menggunakan
tenaga listrik dan peralatan yang tidak menggunakan listrik.
No
|
Peatalatan
menggunakan listrik
|
Peralatan
tidak menggunakan listrik
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
6
|
|
|
7
|
|
|
8
|
|
|
9
|
|
|
10
|
|
|
Matahari dapat mengeringkan benda,
Berilah tanda R untuk benda yang dapat kering oleh matahari !
Nama Benda
|
R
|
Pakaian
|
|
Celana
|
|
Handuk
|
|
TV
|
|
Kasur
|
|
Topi
|
|
Lemari es
|
|
Komputer
|
|
Tas
|
|
A. Kriteria
Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7..
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SD
(
………………..………… )
NIP/NIK
: …………………
|
|
T.awan ………………… 20…
Guru
Tematik Kelas II
....................................
NIP/NIK
: …………………
|
No comments:
Post a Comment