(RPP)
Sekolah
: SDN........................
Mata
Pelajaran : IPS ( Ilmu Pengetahuan
Sosial)
Kelas/semester : V /1
Alokasi
waktu : 2 x 45 menit
A. Standar Kompetensi
1. Menghargai berbagai peninggalan dan sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha, dan Islam, keragaman
kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia
B. Kompetensi Dasar
1.3
Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di
Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya
C. Indikator
1.3.3 Menunjukkan peta persebaran flora dan fauna di
berbagai wilyah di
Indonesia
Karakter yang diharapkan :
a. Mengembangkan perilaku berkarakter
dengan menggunakan bahasa yang santun dalam menjawab pertanyaan, jujur, bertanggung jawab, disiplin dan
membantu teman yang membutuhkan
b. Mengembangkan
keterampilan sosial dengan bertanya,berpendapat,bercerita, dan menjadi
pendengar /pembaca yang baik
D.
Tujuan
Pembelajaran :
§ Dengan
tanpa bimbingan guru, siswa dapat menunjukkan peta persebaran flora dan fauna
di berbagai wilayah Indonesia
§ Secara
mendiri, siswa dapat mencari tempat persebaran flora dan fauna.
§ Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran siswa dapat melakukan
komunikasi, dan mengeluarkan pendapat.
§ Dengan
terlibat aktif dalam KBM, siswa dapat mengembangkan perilaku, keaktifan
bertanya, dan keberanian berpendapat dengan bahasa yang santun.
E.
MATERI PEMBELAJARAN
Flora dan fauna di wilayah Indonesia
F.
STATEGI PEMBELAJARAN
Model
pembelajaran : Langsung/
Kooperative Learning
Metode
pembelajaran :Demonstrasi, Tanya
jawab, Penugasan , Diskusi
|
G.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Pendahuluan (5menit)
o Salam
pembuka dan berdo’a
o Memotivasi
siswa dengan menyanyikan lagu “Binatang gajah”
Gajah binatang yang amat besar
Telinganya
lebar hidungnya panjang
Dimana
tempatnya ?
o Menyampaikan
tujuan pembelajaran kepada peserta didik
2. Kegiatan Inti (55 menit)
o Guru
mengajak siswa mengamati dan menjelaskan peta persebaran flora dan fauna di
Indonsia
o Siswa
mengamati peta Indonesia
o Siswa
memberi keterangan/maksud masing-masing gambar flora dan fauna tersebut.
o Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri dari 3-4 siswa.
o Guru
membagikan LKS ke masing-msing kelompok.
o Setiap
kelompok mendiskusikan jawaban dan melakukan presentasi (beberapa kelompok
secara bergantian).
o Membahas
bersama-sama dengan siswa tentang hasil yang disampaikan oleh kelompok yang
maju.
3.Penutup (10 menit)
o Guru
memberikan penghargaan dalam bentuk pujian terhadap kelompok-kelompok yang
kinerjanya baik.
o Bersama-sama
dengan siswa merangkum meteri pembelajaran meliputi : persebaran flora dan
fauna di Indonesia
o Mengingatkan
siswa untuk belajar materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
H. MEDIA
/ SUMBER PEMBELAJARAN
Media :Karangan anak
Sumber
belajar :Buku “Ilmu Pengetahuan
Sosial” penerbit BSE
Buku
“IPS untuk Sekolah Dasar kelas V
semester 1” Penerbit Erlangga hal. 112 dan 124
Buku
” The Best” bimbingan Evaluasi siswa terpadu IPS untuk SD/ MI kelas V semester 1 halaman 56-60
LKS dan Kunci LKS
I.
PENILAIAN
Penilaian
proses : Aspek yang dinilai
meliputi perilaku kerja sama, keaktifan bertanya dan keberanian berpendapat.
Penilaian
hasil : Berupa hasil yang di
presentasikan di depan kelas yang dibuat berkelompok.
PETA PERSEBARAN FAUNA DI
INDONESIA
Flora khas beberapa daerah di
Indonesia
Propinsi
|
Flora
|
|
Bengkulu
Sumatera
Nusa
Tenggara , Sulawesi, Maluku
Jawa
Jawa
Nusa
Tenggara
Sumatera
Maluku
|
Bunga
rafflesia
Kantong
semar
Anggrek
Pohon
jati
Pohon
mahoni
Coklat
Kayu
putih
|
Pesebaran flora dan fauna di Indonesia
Garis Wallace, membagi fauna
Indonesia ke dua kategori
|
Coba kalian perhatikan peta di atas! Dapat kalian lihat kalau laut yang
berada dianrtara pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, hingga ke benua Asia
berwarna lebih terang dibandingkan laut di sekitar pulau Sulawesi, Maluku,
Papua dan Nusa Tenggara, sedangkan laut yang membatasi pulau Papua dengan Benua
Australia, kembali berwarna terang. Semakin terang warna laut pada peta
menunjukkan bawha laut tersebut semakin dangkal.
Para ahli geologi berpendapat, bahwa pada jaman purba, pulau-pulau di
wilayah barat Indonesia merupakan bagian dari benua Asia, sedangkan Pulau Papua
dan pulau-pulau kecil di sekitarnya semula adalah bagian dari benua Australia.
Salah satu buktinya adalah flora dan dan fauna yang ada di pulau-pulau
tersebut. Flora dan fauna di pulau Sumatera, Jawa dan Kalimantan serupa
dengan flora dan dan fauna benua Asia, sedangkan flora dan dan
fauna di pulau Papua, serupa dengan flora dan dan fauna di benua
Australia, sedangkan flora dan dan fauna di Pulau Sulawesi, Maluku
dan Nusa Tenggara merupakan fauna peralihan yang tidak serupa dengan fauna di
benua Asia maupun Australia.
|
Letak garis Wallace dan Weber dapat kalian lihat pada peta di bawah ini
|
Garis Wallace dan garis Webber
|
Daerah di sebelah barat garis Wallace dataran Sunda, flora dan faunanya
disebut flora dan fauna Asiatis, karena ciri-cirinya sama dengan fauna di benua
Asia. Dataran di sebelah timur garis Weber disebut dataran Sahul flora dan
faunanya disebut fauna Australis, sedangkan fauna diantara garis Wallace dan
garis Weber disebut fauna peralihan.
Berikut adalah perbedaan antar hewan asiatis dan australis:
(klik tabel untuk memperbesar)
|
|
|
Flora dan Fauna Asiatis
Fauna Asiatis antara lain adalah:
- gajah India di Sumatera,
- harimau ( terdapat di Jawa, Sumatera, dan Bali),
- badak bercula satu di Jawa,
- orang utan (di Sumatera danKalimantan),
- beruang madu di Sumatera dan Kalimantan.
Hal yang menarik adalah di Kalimantan tidak terdapat harimau dan di
Sulawesi terdapat binatang Asiatis seperti monyet, musang, anoa, dan rusa. Di
NusaTenggara terdapat sejenis cecak terbang yang termasuk binatang Asia.
Fauna endemik di dataran ini adalah, badak bercula satu di Ujung kulon Jawa
Barat, Beo Niasdi Kabupaten Nias, Bekantan/Kera Belanda dan Orang Utan di
Kalimantan.
Contoh flora asiatis yaitu: tumbuhan jenis meranti-merantian, berbagai
jenis rotan dan berbagai jenis nangka.
Flora dan Fauna Australis
Contoh fauna Australis adalah:
- kanguru,
- kasuari,
- kuskus,
- burung cendrawasih
Flora yang ada di dataran Sahul disebut juga flora Australis contohnya
antara lain kayu besi, cemara, eben hitam, kenari hitam, dan kayu merbau. Di
daerah pantai banyak kita jumpai hutan mangrove dan pandan, sedangkan di daerah
rawa terdapat sagu untuk bahan makan.
Fauna Peralihan
Di daerah fauna peralihan juga terdapat fauna endemik seperti Komodo di
Pulau Komodo dan pulau-pulau sekitarnya, tapir (kerbau liar), burung Kasuari
diPulau Morotai, Obi, Halmahera dan Bacanan, dan Tarsius.
Subhanalloh, Kekayaan flora dan fauna ini karunia Tuhan. Maka harus kita
jaga, jangansampaipunah!!!
|
MEDIA PEMBELAJARAN
|
|
I.
Pilihlah jawaban yang benar!
1.
Ada lima pulau besar di Indonesia.
Kelima pulau besar itu adalah....
a.
Sumatera, Bangka, Jawa,
Kalimantan, Sulawesi dan Bali
b.
Sumatera, Jawa, Kalimantan,Ambon,
Sumba dan Sulawesi
c.
Sumatera, Jawa, Kalimantan,
Sulawesi dan Papua
d.
Sumatera, Jawa, Kalimantan,
Flores dan Papua
2.
Cagar alam Kawah Ijen terdapat di
propinsi ....
a.
Jawa Timur c. Jawa Barat
b.
Jawa Tengah d. Yogyakarta
3.
Tempat untuk melindungi hewan
langka atau karena jumlahnya makin sedikit di sebut...
a.
Kebun binatang c. Suaka margasatwa
b.
Peternakan d. Cagar alam
4.
Tanaman yang tumbuh di sekitar
panatai adalah....
a.
Pohon kina c. Pohon bakau
b.
Pohon kina d. Pohon kaktus
5.
Dataran tinggi Dieng terletak di
daerah....
a.
Jawa Barat c. Jawa Tengah
b.
Jawa Timur d. Di.Yogyakarta
6.
Perkebunan kelapa sawit terbesar
di Indonesia adalah pulau....
a.
Sumatera c. Kalimantan
b.
Jawa d. Papua
7.
Hutan suaka alam sering disebut
sebagai ....
a.
Suaka margasatwa c. Cagar alam pantai
b.
Cagar alam d. Cagar alam padang
8.
Hutan yang ditumbuhan oleh
berbagai jenis pohon, disebut...
a.
Hutan heterogen c. Hutan produksi
b.
Hutan homogen d. Hutan wisata
9.
Cagar alam batang palupuh di
Sumatera Barat untuk melindngi ....
a.
Tumbuhan Rafflesia c. Badak bercula satu
b.
Bunga Wijaya Kusuma d. Jenis-jenis anggrek hutan
10.
Cagar alam Sakayuwana pelabuhan
Ratu untuk melindungi....
a.
Tumbuhan Rafflesia c. Badak bercula satu
b.
Hutan Pantai d. Bunga Wijaya Kusuma
II.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1.
Apakah yang dimaksud dengan
flora?
2.
Apa yang dimaksud dengan fauna ?
|
3.
Siapa yang wajib melindungi flora dan fauna di Indonesia?
4.
Di daerah manakah terdapat
pengembangbiakan gajah?
5.
Tuliskan jenis-jenis fauna yang
hidup di Indonesia Timur!
I.
1. c
2.
a
3. c
4. c
5. b
6. c
7. b
8. a
9. b
10. c
II. 1. Flora
adalah tumbuhan yang langka
1.
Fauna adalah hewan yang langka
2.
Pemerintah Indonesia. Karena apabila tidak dilindungi akan
mengalami kepunahan
3.
Way Kambas Sumatera
4.
Kangguru, musang, cendrawasih
Skor penilaian
Romawi I = Benar x 5
Romawi II = Benar x 10
|
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
*
tidak Pengetahuan
*
aktif Praktek
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
*
Sikap
*
kadang-kadang Sikap
*
tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan
Remedial
|
No comments:
Post a Comment