Jumat, 15 Maret 2013

rpp berkarakter kelas 3


Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik


Nama Sekolah     :  .................................
Tema                    :  Lingkungan
Kelas/Semester    :  III / 1
Alokasi Waktu     :  3 minggu

I. STANDAR KOMPETENSI

I.
PKn

1.
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda

II.
IPS

1.
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah

III.
Bahasa Indonesia

Mendengarkan

1.
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan

Berbicara

2.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita
dan memberikan tanggapan/ saran

IV.
Matematika

1.
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka

V.
IPA

1.
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup

II. KOMPETENSI DASAR

1. PKn             : - Mengamalkan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
- Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-  
  sehari

2. IPS              : - Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan
    sekolah
                                - Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah

3. B. Indonesia            : - Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara
    lisan
  - Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
  - Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan
    kalimat yang runtut dan mudah dipahami

4. Matematika : Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka

5. IPA             : - Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
- Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-
  hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak
  (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)

III. TUJUAN PEMBELAJARAN**
1. PKn             : - Siswa dapat mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat
     mempersatukan bangsa
                          -  Siswa dapat menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
                                - Siswa dapat menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
                                - Siswa dapat mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di
                                  lingkungan rumah

2. IPS              : - Siswa dapat mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan
                                  buatan di lingkungan sekitar
                          - Siswa dapat menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
                                - Siswa dapat menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
                                - Siswa dapat membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata
                                  anginnya
3. IPA             : - Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
                          - Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
                          - Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
                          - Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
                          - Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
                                - Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
                          - Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
                          - Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan

4. Matematika       : - Siswa dapat menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan,  
                                   satuan)
                                - Siswa dapat menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
                                - Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
                                - Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
                                - Siswa dapat melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
                                - Siswa dapat melakukan operasi pengurangan dengan meminjam
5. B . Indonesia      : - Siswa dapat menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
                                - Siswa dapat membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
                                - Siswa dapat menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
                                - Siswa dapat memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita
    binatang
                                - Siswa dapat menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu, Cinta tanah air, Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,  Tanggung jawab.

v  IV.  Materi Pokok
      1.   PKn
·   Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
      2.   IPS     
·   Kerja sama di lingkungan rumah
      3.   IPA
·   Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·   Perubahan pada  makhluk hidup
·   Sifat-sifat benda
      4.   Matematika
·   Garis bilangan
·   Penjumlahan dan pengurangan
·   Perkalian dan pembagian
·   Uang
·   Alat ukur
·   Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat.
      5.   Bahasa Indonesia.
·   Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·   Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·   Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·   Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·   Menjelaskan isi teks.

V. MetodE Pembelajaran                         
¨      Informasi
¨      Diskusi
¨      Tanya jawab
¨      Demontrasi
¨      Pemberian tugas



VI. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Langkah Kegiatan
Pegorganisasian
Pengembangan Diri
Kelas
Waktu
Penilaian
A.          Kegiatan Awal
Apresepsi :
F Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
F Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
F Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu

B.           Kegiatan Inti
Minggu  I
Pertemuan pertama :  6 X 35 menit (IPA, PKN, Matematika)

Dalam kegiatan
IPA
F Siswa diminta membedakan makhluk hidup dan makhluk tak hidup
F Guru menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan makhluk tak hidup
F Siswa mengamati dan mencatat ciri-ciri makhluk hidup 
PKn       
F Guru menerangkan tentang negara Indonesia
F Siswa mencatat kegiatan sehari-hari yang mempersatukan bangsa
F Menjelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa
         Matematika                                       
F Menjelaskan cara panjang penulisan bilangan
F Menguji keterampilan siswa dengan menguraikan bilangan
        
Pertemuan ke dua 6 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)

Dalam kegiatan
         Bahasa Indonesia
F Siswa mendengarkan petunjuk cara mendeteksi udara sekitar
F Guru menjelaskan cara menggunakan alat pengukur debu
F Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru
         IPS
F Tanya jawab dengan siswa mengenai apa yang dilihat di lingkungan sekitar
F Mengajak siswa mengamati gambar sungai, danau,  laut, gunung, lembah dan pegunungan
F Siswa menuliskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
         Matematika
F Memperagakan dekak-dekak
F Memasukan biji-bijian pada dekak-dekak  
F Menentukan nilai tempat sampai ribuan
Pertemuan ke tiga 4 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA)

Dalam kegiatan
         Bahasa Indonesia
F Guru membacakan cerita binatang
F Siswa menyebutkan nama tokoh-tokoh cerita binatang
F Guru menjelaskan sifat-sifat tokoh dalam cerita
         Matematika
F Menjelaskan penjumlahan dua bilangan tanpa teknik menyimpan
F Menguji keterampilan siswa dengan soal penjumlahan dua bilangan           
F Membahas soal yang dikerjakan siswa
         IPA
F Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan bijinya
F Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan akarnya
F Siswa diminta mengamati biji salak dan biji jambu air

Minggu  II
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)

Dalam kegiatan
         IPA
F Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan batangnya
F Siswa mencatat nama-nama tumbuhan berdasarkan penggolongan batangnya dalam bentuk tabel
F Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan daunnya
F Siswa mengamati macam-macam daun
PKn
F Guru menjelaskan bahwa Indonesia terdiri dari beberapa suku
F Menyebutkan organisasi pemuda tiap-tiap daerah di nusantara
F Menjelaskan bahwa persatuan merupakan sumber kekuatan
         Matematika
F Guru menjelaskan penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan
F Guru menguji keterampilan siswa dengan soal penjumlahan dua bilangan
F Membahas soal yang tela dikerjakan siswa

Pertemuan kedua : 6 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
Dalam kegiatan
         Bahasa Indonesia
F Guru menjelaskan cara menanggapi sifat-sifat tokoh dalam cerita
F Guru menjelaskan cara menyanggah sebuah pernyataan
F Siswa menanggapi cerita
         IPS
F Menyebutkan contoh yang termasuk kenampakan buatan
F Menyebutkan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
         Matematika
F Menjelaskan pengurangan dua buah bilangan dengan teknik meminjam
F Menguji keterampilan siswa mengurangi dua buah bilangan dengan teknik meminjam

Pertemuan ke tiga : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika)

Dalam kegiatan
         Bahasa Indonesia                                        
F Siswa mengamati dua buah gambar
F Siswa menuliskan perbedaan dari kedua gambar tersebut
         IPA
F Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan daunnya
F Siswa mengamati macam-macam daun
         Matematika
F Menjelaskan pengurangan tiga bilangan dengan tanpa teknik meminjam
F Siswa mengerjakan soal-soal latihan

Minggu III
Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)

Dalam kegiatan
         IPA
F Guru menjelaskan tentang pertumbuhan hewan
F Guru menjelaskan tujuan perkembangbiakan pada hewan
F Siswa mendiskusikan pertumbuhan hewan
         PKn
F Menjelaskan waktu dan tempat kongres pemuda
F Menyebutkan lima tokoh yang menghadiri kongres pemuda
F Menjelaskan usulan tiap-tiap tokoh dalam kongres pemuda
F Menyebutkan perumus isi sumpah pemuda pada kongres pemuda
         Matematika
F Siswa mengingat kembali pengurangan dua buah bilangan
F Guru menjelaskan cara mengurangi dua buah bilangan tanpa meminjam
F Menguji keterampilan siswa dengan soal pengurangan

Pertemuan kedua : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)

Dalam kegiatan
         Bahasa Indonesia
F Siswa menceritakan pengalaman mengesankan di depan kelas
F Siswa menanggapi pengalaman teman
         IPS
F Guru menjelaskan tiga bagian pokok pada denah yaitu gambar utama, keterangan gambar dan arah mata angin
F Melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai kegunaan setiap bagian utama denah rumah
F Memaparkan bentuk penyajian mata angin pada denah rumah
F Siswa membuat denah rumah masing-masing
         Matematika
F Menjelaskan pengurangan tiga bilangan
F Siswa mengerjakan soal-soal latihan

Pertemuan ke tiga : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika)

Dalam kegiatan eksplorasi
         Bahasa Indonesia
F Mengamati gambar peristiwa alam
F Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar
         IPA
F Menjelaskan ciri-ciri pertumbuhan pada tumbuhan
F Mendiskusikan pertumbuhan pada tumbuhan
F Melaporkan hasil diskusi
Matematika
F Menjelaskan pengurangan dua buah bilangan dengan teknik meminjam
F Menguji keterampilan siswa mengurangi dua buah bilangan dengan teknik meminjam
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
F Siswa mengumpulkan tugas sesuai materi yang diajarkan
F Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan







VII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Sumber belajar :
F  Buku Pendidikan Kewarganegaraan
F  Buku IPA
F  Buku Matematika
F  Buku Bahasa Indonesia
F  Buku IPS
F  Eksiklopedia
F  Kamus Bahasa Indonesia
F  Pedoman EYD
F  Koran dan majalah
F Media elektronik

Alat Peraga
F Gambar kenampakan alam
F Gambar kenampakan buatan
F Gambar peristiwa alam
F Teks cerita binatang

VII. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 nstrumen
Contoh
Instrumen
·   Disiplin,
·   Kerja keras
·   Kreatif,
·   Demokratif
·   Rasa Ingin tahu,
·   Cinta tanah air,
·   Bersahabat,
·   Menghargai prestasi,
·   Gemar membaca,
·   Peduli lingkungan,
·   Peduli sosial,
·   Tanggung jawab.
PKN :
§  Menyebutkan kapan Indonesia merdeka
§  Menyebutkan nama pembaca teks proklamasi
§  Menyebutkan 3 hal yang menjadi kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
§  Menyebutkan hasil karya bangsa Indonesia
§  Menjelaskan bagaimana cara menghargai hasil karya bangsa Indonesia
§  Mengidentifikasi perilaku yangmenunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia
IPS :
§  Menyebutkan jenis-jenis uang giral
§  Menjelaskan beberapa macam kegunaan uang
§  Menjelaskan yang dimaksud dengan kurs
§  Membuat daftar pembelanjaan yang dibeli berikut harganya
IPA :
§  Mengidentifikasi cara-cara yang digunakan manusia dalam melestarikan alam
§  Mengumpulkan gambar-gambar lingkungan alam yang baik dan lingkungan alam yang rusak
§  Memberi contoh perilaku yang menunjukkan kepedulian terhadp lingkungan dan yang merusak lingkungan
§  Menjelaskan dampak perilaku manusia terhadap lingkungan
Matematika :
§  Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan keliling
§  Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan luas persegi
§  Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan luas persegi panjang
Bahasa Indonesia :
§  Melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan guru
§  Meniru percakapan singkat dari drama anak yang ditonton di televisi
§  Menjelaskan masalah yang terjadi dari peristiwa yang dialami
§  Menanggapi penjelasan melakukan sesuatu secara lisan
§  Menanggapi masalah yang terjadi secara lisan
§  Menjelaskan puisi dengan kata-kata sendiri
§  Menjelaskan puisi dengan penghayatan dan ekspresi
§  Menjelaskan cara membuat mainan
§  Menulis petunjuk membuat mainan
§  Melengkapi petunjuk
§  Menulis puisi dengan bantuan gambar
§  Menulis puisi dengan tema tertentu

Tes lisan Tes tertulis


uraian
isian
PKN :
§  Sebutkan kapan Indonesia merdeka
§  Sebutkan nama pembaca teks proklamasi
§  Sebutkan 3 hal yang menjadi kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
§  Sebutkan hasil karya bangsa Indonesia
§  Jelaskanlah bagaimana cara menghargai hasil karya bangsa Indonesia
§  Jelaskanlah perilaku yangmenunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia
IPS :
§  Sebutkan jenis-jenis uang giral
§  Jelaskanlah beberapa macam kegunaan uang
§  Jelaskanlah yang dimaksud dengan kurs
§  Buatkanlah daftar pembelanjaan yang dibeli berikut harganya
IPA :
§  Jelaskanlah cara-cara yang digunakan manusia dalam melestarikan alam
§  Sebutkanlah gambar-gambar lingkungan alam yang baik dan lingkungan alam yang rusak
§  Berikanlah contoh perilaku yang menunjukkan kepedulian terhadp lingkungan dan yang merusak lingkungan
§  Jelaskanlah dampak perilaku manusia terhadap lingkungan
Matematika :
§  Selesaikan soal cerita yang berhubungan dengan keliling
§  Selesaikan soal cerita yang berhubungan dengan luas persegi
§  Selesaikan soal cerita yang berhubungan dengan luas persegi panjang
Bahasa Indonesia :
§  Lakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan guru
§  Tirukanlah percakapan singkat dari drama anak yang ditonton di televisi
§  Jelaskanlah masalah yang terjadi dari peristiwa yang dialami
§  Bagaimana cara menanggapi penjelasan melakukan sesuatu secara lisan
§  Bagaimana cara Menanggapi masalah yang terjadi secara lisan
§  Jelaskan puisi dengan kata-kata sendiri
§  Jelaskan puisi dengan penghayatan dan ekspresi
§  Jelaskan cara membuat mainan
§  Tuliskanlah petunjuk membuat mainan
§  Bagaimana cara melengkapi petunjuk
§  Tuliskanlah puisi dengan bantuan gambar
§  Tuliskanlah puisi dengan tema tertentu

·   LKS
·   Lmbar observasi.


v   Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
           
2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

            3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..










  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.



Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………

……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar