RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Tanjangawan
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : V/ 2
Materi Pokok : Bumi dan Alam
Semesta
Waktu :
2 x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi :
7. Memahami
perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya
alam
B.
Kompetensi
Dasar
7.2
Mengidentifikasi jenis-jenis tanah
C.
Indikator
o
Mengidentifikasi
komposisi dan jenis-jenis tanah
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
guru menjelaskan siswa mampu:
o
Mengetahui jenis – jenis tanah berdasarkan
komposisinya
& Karakter siswa yang diharapkan : kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu
E.
Materi Ajar
Proses pembentukan
tanah.
o Batuan
Jenis-Jenis
Tanah
Jenis tanah yang dibentuk dari hasil
pelapukan batuan tentunya berbeda antara tempat yang satu dengan tempat yang
lainnya. Hal ini sangat dipengaruhi oleh jenis batuan yang membentuknya.
Berdasarkan komposisi penyusunnya, tanah dibedakan menjadi empat jenis, yaitu
tanah berpasir, tanah berhumus, dan tanah liat, tanah berkapur
a.
Tanah berpasir
Tanah berpasir merupakan jenis tanah
yang gembur dan mudah dilalui oleh air. Tanah jenis ini mengandung sedikit
bahan organik yang berasal dari makhluk hidup. Hal inilah yang menyebabkan
tanah berpasir tidak begitu subur.
b.
Tanah berhumus
Humus berasal dari sisa-sisa tumbuhan.
Tanah yang mengandung banyak humus merupakan jenis tanah yang memiliki
kesuburan yang sangat baik. Tanah jenis ini dapat menahan air dan merupakan
tanah yang paling subur dibandingkan dengan jenis tanah lainnya.
c.
Tanah liat
Jenis tanah ini
banyak digunakan untuk pembuatan keramik dan kerajinan lainnya. Dalam keadaan
basah tanah ini lengket dan sangat elastis. Tanah jenis ini sulit dilalui oleh
air dan tidak banyak mengandung bahan organik.
d. Tanah berkapur
Tanah berkapur
mengandung bebatuan. Tanah jenis ini mudah dilalui air. Tanah berkapur
mengandung sedikit sekali humus
F.
Media
Belajar
1.
BUKU BSE
2.
Buku SAINS SD Relevan
Kelas V
G.
METODE PEMBELAJARAN
Model a. Pembelajaran koperatif
b.
Pendekatan kontlektual
Metode: a. ceramah
b. pemberian tugas kelompok
c. penegasan
H.
Langkah-langkah
pembelajaran
Fase kegiatan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Fase 1
Penyampaian tujuan dan memotivasi siswa
|
Kegiatan awal (10 menit)
1.
Memberikan motivasi dengan meminta anak menyebutkan jenis – jenis tanah
yang siswa ketahui (konfirmasi)
2.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
(konfirmasi)
|
Fase 2
Penyampaian informasi
|
Kegiatan inti ( 50 menit)
1.
Guru Membimbing siswa untuk
memahami komposisi dan jenis – jenis tanah dengan menggunakan media gambar
yang sudah ditempel di papan tulis (eksplorasi)
|
Fase 3
Mengorganisasikan siswa ke dalam
kelompok-kelompok belajar
|
2.
Mengorganisasikan siswa ke
dalam 4 kelompok yang terdiri dari 5 siswa tiap kelompoknya. Pembagian
dilakukan secara heterogen. Kemudian membagikan LKS kepada setiap kelompok.
(elaborasi)
3.
Guru menjelaskan tugas yang
harus dikerjakan siswa dalam kelompok (elaborasi)
4.
Masing-masing kelompok membahas
materi yang sudah dibagikan(eksplorasi).
|
Fase 4
Membimbing kelompok
|
5.
Guru membimbing siswa melakukan
diskusi dalam kelompoknya, kemudian menarik kesimpulan secara tanggungjawab
dan saling menghargai pendapat teman (konfirmasi)
6.
Memberi kesempatan siswa untuk
berpikir, menganalisa, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut
(elaborasi)
|
Fase 5
Evaluasi
|
7.
Guru menunjuk siswa secara acak
untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan ditanggapi oleh kelompok yang
lain (konfirmasi)
8.
Guru dan siswa bersama-sama
menyimpulkan materi yang dipelajari. Guru membimbing siswa membuat rangkuman
di buku tulisnya masing-masing (elaborasi)
|
Fase 6
Penghargaan
|
Kegiatan Penutup (10 menit)
1.
Guru memberikan penguatan dan
kesimpulan tentang jenis – jenis tanah sesuai dengan komposisinya
2.
Guru bertanyajawab tentnag
hal-hal yang belum dipahami siswa (konfirmasi)
3.
Guru memberikan penghargaan
kepada individu dan kelompok terbaik.
4.
Guru memberikan tugas rumah.
|
I. Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Alat pembelajaran
Gambar
jenis – jenis tanah
2.
Sumber pembelajaran
a.
Buku IPA SD/MI kelas V BSE, Pusat Perbukuan Depdiknas
Jakarta
b.
LKS dan kunci jawab
J.
Penilaian:
1.
Tes unjuk kerja : LKS
2.
Observasi
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengidentifikasi komposisi dan
jenis – jenis tanah
|
Tugas
kelompok
|
Laporan
dan unjuk kerja
|
o Jelaskanlah
komposisi dan jenis – jenis tanah ?
|
A. FORMAT KRITERIA PENILAIAN
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
B. LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment