Wednesday, March 20, 2013

RPP PAI kelas 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


SD/MI                           :      _______________________
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          :   I / 2
Standar Kompetensi   :    6.   Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran
Kompetensi Dasar      :    6.1 Menghafal QS Al Kausar dengan lancar
Alokasi Waktu             :   3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran** :
1.      Siswa dapat melafalkan surah Al Kausar dengan benar
2.      Siswa dapat menghafalkan surah Al Kausar dengan lancar dan benar
3.      Siswa dapat membiasakan membaca surah Al Kausar

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

Materi Pembelajaran  :   
1.      Surah Al Kausar .

Metode Pembelajaran     :   
1.      Siswa melafalkan surah Al Kausar secara klasikal dan berkelompok
2.      Siswa mehafalkan surah Al Kausar secara berkelompok dan individu
3.      Siswa membiasakan membaca surah Al Kausar dalam kesempatan-kesempatan lain

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Langkah Kegiatan
Pegorganisasian
Pengembangan Diri
Kelas
Waktu
Penilaian

1.    Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : menghafalkan surah Al Kausar dengan lancar dan benar dan isi kandungannya serta keistimewaannya
F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menghafal surah Al Kausar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan surah Al Kausar secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru
F Siswa mengulang-ulang lafal surah Al Kausar secara kelompok dan individu
F Siswa yang telah menguasai bahan hafalan, tampil ke depan kelas
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
F Guru memberi tugas siswa untuk menulis lafal surah Al Kausar dalam buku tugas








Alat / Sumber Belajar:
1.    Tulisan lafal surah Al Kausar pada karton atau papan tulis
2.    Alquran (Juz Amma)
3.    Buku paket Pendidikan Agama Islam kelas I NTR Esis
4.    Buku-buku lain yang relevan
5.    Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6.    Pengalaman guru
7.    Lingkungan sekitar

Penilaian:
Indikator Pencapaian Target
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh  Instrumen
Ø  Melafalkan Surah Al Kausar
Ø  Menghafalkan surah Al Kausar dengan lancar dan benar
Ø  Membiasakan membaca Surah Al Kausar
Tes lisan
Tes lisan


Tes lisan
Pelafalan
Hafalan


Hafalan

1.  Lafalkan Surah Al Kausar!
2.  Hafalkan Surah Al Kausar!
3.  Amalkan Surah Al Kausar secara rutin!

Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..













CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.



Mengetahui,
Kepala SD/MI ………………………




(_______________________)
NIP / NIK : ...........................

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




(_______________________)
NIP / NIK : ...........................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


SD/MI                           :      _______________________
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          :   I / 2
Standar Kompetensi   :    6.   Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran
Kompetensi Dasar      :    6.2 Menghafal QS An Nasr dengan lancar
Alokasi Waktu             :   3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran** :   
1.      Siswa dapat melafalkan surah An Nasr dengan benar
2.      Siswa dapat menghafalkan surah An Nasr dengan lancar dan benar
3.      Siswa dapat membiasakan membaca surah An Nasr

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

Materi Pembelajaran  :   
1.      Surah An Nasr

Metode Pembelajaran     :   
1.      Siswa melafalkan surah An Nasr secara klasikal dan berkelompok
2.      Siswa mehafalkan surah An Nasr secara berkelompok dan individu
3.      Siswa membiasakan membaca surah An Nasr dalam kesempatan-kesempatan lain

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Langkah Kegiatan
Pegorganisasian
Pengembangan Diri
Kelas
Waktu
Penilaian

1.    Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : menghafalkan surah An Nasr dan isi kandungannya serta keistimewaannya
F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menghafal surah An Nasr
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan surah An Nasr secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru
F Siswa mengulang-ulang lafal surah An Nasr secara kelompok dan individu
F Siswa yang telah menguasai bahan hafalan, tampil ke depan kelas
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
F Guru memberi tugas siswa untuk menulis lafal surah An Nasr di buku tugas








Alat / Sumber Belajar:
1.    Tulisan lafal surah An Nasr pada karton atau papan tulis
2.    Alquran (Juz Amma)
3.    Buku paket Pendidikan Agama Islam kelas I NTR Esis
4.    Buku-buku lain yang relevan
5.    Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6.    Pengalaman guru
7.    Lingkungan sekitar






Penilaian:
Indikator Pencapaian Target
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh  Instrumen
Ø  Melafalkan Surah An Nasr
Ø  Menghafalkan Surah An Nasr dengan lancar dan benar
Ø  Membiasakan membaca Surah An Nasr
Tes lisan

Tes lisan

Tes lisan
Pelafalan

Hafalan

Hafalan

1.      Lafalkan Surah An Nasr
2.      Hafalkan Surah An Nasr
3.      Amalkan Surah An Nasr secara rutin!

Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.



Mengetahui,
Kepala SD/MI ………………………




(_______________________)
NIP / NIK : ...........................

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




(_______________________)
NIP / NIK : ...........................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


SD/MI                           :      _______________________
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          :   I / 2
Standar Kompetensi   :    6.   Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran
Kompetensi Dasar      :    6.3 Menghafal QS Al Asr dengan lancar
Alokasi Waktu             :   3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran** :   
1.      Siswa dapat melafalkan surah Al Asr dengan benar
2.      Siswa dapat menghafalkan surah Al Asr dengan lancar dan benar
3.      Siswa dapat membiasakan membaca surah Al Asr

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

Materi Pembelajaran  :   
1.      Surah Al Asr

Metode Pembelajaran     :   
1.      Siswa melafalkan surah Al Asr secara klasikal dan berkelompok
2.      Siswa menghafalkan surah Al Asr secara berkelompok dan individu
3.      Siswa membiasakan membaca surah Al Asr dalam kesempatan-kesempatan lain

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Langkah Kegiatan
Pegorganisasian
Pengembangan Diri
Kelas
Waktu
Penilaian

1.    Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : menghafalkan surah Al Asr  dan isi kandungannya serta keistimewaannya
F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menghafal surah Al Asr
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan surah Al Asr secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru
F Siswa mengulang-ulang lafal surah Al Asr secara kelompok dan individu
F Siswa yang telah menguasai bahan hafalan, tampil ke depan kelas
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menyimpulkan kisah Sepenggal kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri
F Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
F Guru memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan yang ada di halaman dan menuliskannya dalam buku tugas serta mengumpulkan tugas tersebut pada pertemuan berikutnya. Siswa perlu dibimbing dalam membaca dan memahami soal tes








Alat / Sumber Belajar:
1.    Tulisan lafal surah Al Asr pada karton atau papan tulis
2.    Alquran (Juz Amma)
3.    Buku paket Pendidikan Agama Islam kelas I NTR Esis
4.    Buku-buku lain yang relevan
5.    Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6.    Pengalaman guru
7.    Lingkungan sekitar

Penilaian:
Indikator Pencapaian Target
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh  Instrumen
Ø  Melafalkan Surah An Asr
Ø   Menghafal Surah Al Asr dengan lancar
Ø  Membiasakan membaca Surah Al Asr
Tes lisan

Tes lisan

Tes lisan

Pelafalan

Hafalan

Hafalan

1.      Lafalkan Surah Al Asr!
2.      Hafalkan Surah Al Asr!
3.      Amalkan Surah Al Asr secara rutin!





Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.









CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Mengetahui,
Kepala SD/MI ………………………




(_______________________)
NIP / NIK : ...........................

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




(_______________________)
NIP / NIK : ...........................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


SD/MI                           :      _______________________
Mata Pelajaran            :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          :   I / 2
Standar Kompetensi   :    7.   Mengenal dua kalimat syahadat
Kompetensi Dasar      :    7.1 Melafalkan syahadat tauhit dan syahadat rasul
Alokasi Waktu            :   3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran** :
1.          Siswa dapat melafalkan syahadat tauhit dan syahadat rasul dengan benar

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

Materi Pembelajaran  :                                                                         
1.        Syahadat

Metode Pembelajaran :       
1.        Siswa melafalkan syahadat tauhit dan syahadat rasul secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Langkah Kegiatan
Pegorganisasian
Pengembangan Diri
Kelas
Waktu
Penilaian

1.    Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : menghafalkan syahadat tauhit dan syahadat rasul dengan benar
F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa melafalkan dua kalimat syahadat bersama-sama
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan dua kalimat syahadat berkelompok
F Siswa melafalkan dua kalimat syahadat secara individu
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memberi tugas siswa untuk menulis lafal dua kalimat syahadat di buku tugas








Alat / Sumber Belajar:
1.    Teks lafal dua kalimat syahadat pada karton atau papan tulis
2.    Buku paket Pendidikan Agama Islam kelas I NTR Esis
3.    Buku-buku lain yang relevan
4.    Alquran (Juz Amma)
5.    Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6.    Pengalaman guru
7.    Lingkungan sekitar

Penilaian:
Indikator Pencapaian Target
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh  Instrumen
Ø  Melafalkan syahadat tauhid dan syahadat rasul dengan benar

Tes lisan


Hafalan

1.      Hafalkan dua kalimat syahadat
2.      Apa arti dua kalimat syahadat ?





Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

No comments:

Post a Comment