RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SD/MI :
_______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester
: I / 2
Standar Kompetensi : 6. Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran
Kompetensi Dasar : 6.1 Menghafal
QS Al Kausar dengan lancar
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran** :
1. Siswa dapat melafalkan surah
Al Kausar dengan benar
2. Siswa dapat menghafalkan surah
Al Kausar dengan lancar dan benar
3. Siswa dapat membiasakan
membaca surah Al Kausar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility
), Berani ( courage ), Ketulusan
(Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran :
1. Surah Al
Kausar .
Metode Pembelajaran :
1. Siswa melafalkan surah Al
Kausar secara klasikal dan berkelompok
2. Siswa mehafalkan surah Al Kausar
secara berkelompok dan individu
3. Siswa membiasakan membaca
surah Al Kausar dalam kesempatan-kesempatan lain
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Langkah Kegiatan
|
Pegorganisasian
|
Pengembangan Diri
|
||
Kelas
|
Waktu
|
Penilaian
|
|
|
1. Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : menghafalkan surah Al Kausar
dengan lancar dan benar dan isi kandungannya serta keistimewaannya
F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi
yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menghafal surah Al Kausar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan surah Al Kausar secara
klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru
F Siswa mengulang-ulang lafal surah Al
Kausar secara kelompok dan individu
F Siswa yang telah menguasai bahan hafalan,
tampil ke depan kelas
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
F Guru memberi tugas siswa untuk menulis
lafal surah Al Kausar dalam buku tugas
|
|
|
|
|
Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan lafal surah Al Kausar
pada karton atau papan tulis
2. Alquran (Juz Amma)
3. Buku paket Pendidikan Agama
Islam kelas I NTR Esis
4. Buku-buku lain yang relevan
5. Kaset dan CD Alquran atau
peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian Target
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|
Ø Melafalkan
Surah Al Kausar
Ø Menghafalkan surah Al Kausar
dengan lancar dan benar
Ø Membiasakan
membaca Surah Al Kausar
|
Tes lisan
Tes lisan
Tes lisan
|
Pelafalan
Hafalan
Hafalan
|
1. Lafalkan Surah Al Kausar!
2. Hafalkan Surah Al Kausar!
3.
Amalkan
Surah Al Kausar secara rutin!
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
* sebagian
kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif
berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai
KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala SD/MI
………………………
(_______________________)
NIP / NIK : ...........................
|
|
…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP / NIK : ...........................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SD/MI :
_______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester
: I / 2
Standar Kompetensi : 6. Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran
Kompetensi Dasar : 6.2 Menghafal
QS An Nasr dengan lancar
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran** :
1. Siswa dapat melafalkan surah
An Nasr dengan benar
2. Siswa dapat menghafalkan surah
An Nasr dengan lancar dan benar
3. Siswa dapat membiasakan
membaca surah An Nasr
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility
), Berani ( courage ), Ketulusan
(Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran :
1. Surah An Nasr
Metode Pembelajaran :
1. Siswa melafalkan surah An Nasr
secara klasikal dan berkelompok
2. Siswa mehafalkan surah An Nasr
secara berkelompok dan individu
3. Siswa membiasakan membaca
surah An Nasr dalam kesempatan-kesempatan lain
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Langkah Kegiatan
|
Pegorganisasian
|
Pengembangan Diri
|
||
Kelas
|
Waktu
|
Penilaian
|
|
|
1. Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : menghafalkan surah An Nasr
dan isi kandungannya serta keistimewaannya
F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi
yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menghafal surah An Nasr
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan surah An Nasr secara
klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru
F Siswa mengulang-ulang lafal surah An
Nasr secara kelompok dan individu
F Siswa yang telah menguasai bahan hafalan,
tampil ke depan kelas
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa menyimak bacaan intisari yang
dibacakan guru
F Guru memberi tugas siswa untuk menulis
lafal surah An Nasr di buku tugas
|
|
|
|
|
Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan lafal surah An Nasr pada
karton atau papan tulis
2. Alquran (Juz Amma)
3. Buku paket Pendidikan Agama
Islam kelas I NTR Esis
4. Buku-buku lain yang relevan
5. Kaset dan CD Alquran atau
peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian Target
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|
Ø Melafalkan Surah An Nasr
Ø Menghafalkan
Surah An Nasr dengan lancar dan benar
Ø Membiasakan membaca Surah An Nasr
|
Tes lisan
Tes lisan
Tes lisan
|
Pelafalan
Hafalan
Hafalan
|
1.
Lafalkan
Surah An Nasr
2.
Hafalkan
Surah An Nasr
3.
Amalkan
Surah An Nasr secara rutin!
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif
berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai
KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala SD/MI
………………………
(_______________________)
NIP / NIK : ...........................
|
|
…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP / NIK : ...........................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SD/MI :
_______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester
: I / 2
Standar Kompetensi : 6. Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran
Kompetensi Dasar : 6.3 Menghafal
QS Al Asr dengan lancar
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran** :
1.
Siswa dapat melafalkan surah Al Asr dengan benar
2.
Siswa dapat menghafalkan surah Al Asr dengan lancar dan benar
3.
Siswa dapat membiasakan membaca surah Al Asr
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility
), Berani ( courage ), Ketulusan
(Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran :
1.
Surah Al Asr
Metode Pembelajaran :
1. Siswa melafalkan surah Al Asr
secara klasikal dan berkelompok
2.
Siswa menghafalkan
surah Al Asr secara berkelompok dan individu
3.
Siswa membiasakan
membaca surah Al Asr dalam kesempatan-kesempatan lain
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Langkah Kegiatan
|
Pegorganisasian
|
Pengembangan Diri
|
||
Kelas
|
Waktu
|
Penilaian
|
|
|
1. Kegiatan
Pendahuluan
F Apersepsi : menghafalkan surah Al
Asr dan isi kandungannya serta
keistimewaannya
F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi
yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa menghafal
surah Al Asr
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan surah Al Asr secara
klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru
F Siswa mengulang-ulang lafal surah Al Asr
secara kelompok dan individu
F
Siswa yang telah menguasai bahan hafalan, tampil ke depan
kelas
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menyimpulkan kisah
Sepenggal kisah yang telah dibacakan menggunakan bahasa sendiri
F Siswa menyimak bacaan intisari yang
dibacakan guru
F
Guru
memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan yang ada di halaman dan
menuliskannya dalam buku tugas serta mengumpulkan tugas tersebut pada
pertemuan berikutnya. Siswa perlu dibimbing
dalam membaca dan memahami soal tes
|
|
|
|
|
Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan lafal surah Al Asr pada
karton atau papan tulis
2. Alquran (Juz Amma)
3. Buku paket Pendidikan Agama
Islam kelas I NTR Esis
4. Buku-buku lain yang relevan
5. Kaset dan CD Alquran atau
peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian Target
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|
Ø Melafalkan
Surah An Asr
Ø Menghafal Surah Al Asr dengan lancar
Ø Membiasakan
membaca Surah Al Asr
|
Tes lisan
Tes lisan
Tes lisan
|
Pelafalan
Hafalan
Hafalan
|
1. Lafalkan Surah Al Asr!
2. Hafalkan Surah Al Asr!
3.
Amalkan
Surah Al Asr secara rutin!
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif
berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai
KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala SD/MI
………………………
(_______________________)
NIP / NIK : ...........................
|
|
…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP / NIK : ...........................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SD/MI :
_______________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester
: I / 2
Standar Kompetensi : 7. Mengenal dua
kalimat syahadat
Kompetensi Dasar : 7.1 Melafalkan syahadat tauhit dan syahadat rasul
Alokasi Waktu
: 3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran** :
1.
Siswa dapat melafalkan
syahadat tauhit dan syahadat rasul dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility
), Berani ( courage ), Ketulusan
(Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran :
1.
Syahadat
Metode
Pembelajaran :
1.
Siswa melafalkan
syahadat tauhit dan syahadat rasul secara klasikal, kelompok dan individu
mengikuti bacaan guru
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Langkah Kegiatan
|
Pegorganisasian
|
Pengembangan Diri
|
||
Kelas
|
Waktu
|
Penilaian
|
|
|
1. Kegiatan
Pendahuluan
F Apersepsi : menghafalkan syahadat tauhit
dan syahadat rasul dengan benar
F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi
yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa melafalkan dua kalimat
syahadat bersama-sama
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan dua kalimat syahadat berkelompok
F Siswa melafalkan dua kalimat syahadat secara individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memberi tugas siswa untuk menulis
lafal dua kalimat syahadat di buku tugas
|
|
|
|
|
Alat / Sumber Belajar:
1. Teks lafal dua kalimat syahadat
pada karton atau papan tulis
2. Buku paket Pendidikan Agama
Islam kelas I NTR Esis
3. Buku-buku lain yang relevan
4. Alquran (Juz Amma)
5. Kaset dan CD Alquran atau
peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian Target
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|
Ø Melafalkan
syahadat tauhid dan syahadat rasul dengan benar
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
1. Hafalkan dua kalimat syahadat
2. Apa
arti dua kalimat syahadat ?
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif
berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai
KKM maka diadakan Remedial.
No comments:
Post a Comment