RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN..............
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/
Semester : V / 1
Alokasi
Waktu : 2 x 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
1. Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam pemecahan
masalah
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk
penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran.
C.
INDIKATOR
a) Menggunakan sifat
komutatif,asosiatif,distributif
b) Mengelompokkan sifat komutatif,asosiatif,distributif
Karakter yang diharapkan
a) Mengembangkan perilaku
berkarakter dengan menggunakan bahasa yang santun dalam menjawab pertanyaan, jujur, bertanggung jawab dan membantu teman
yang membutuhkan
b) Mengembangkan
keterampilan sosial dengan bertanya,berpendapat,bercerita, dan menjadi
pendengar dan pembaca yang baik
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
§
Dengan
bimbingan guru, siswa dapat menggunakan sifat komutatif,asosiatif dan
distributif
§
Secara
mandiri, siswa dapat mengerjakan soal dengan menggunakan sifat
komutatif,asosiatif dan distributif
§
Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran siswa dapat melakukan
komunikasi, dan mengeluarkan pendapat.
§
Dengan
terlibat aktif dalam KBM, siswa dapat mengembangkan perilaku, keaktifan
bertanya, dan keberanian berpendapat dengan bahasa yang santun.
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
v Operasi hitung bilangan bulat
F.
STRATEGI
PEMBELAJARAN
v Model pembelajaran :Pembelajaran
windows shoping
v Metode pembelajaran :Ceramah,tanya
jawab, diskusi, penigasan
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
v Pendahuluan (10 menit)
Kegiatan awal
(10 menit)
- Apersepsi/ Motivasi
- Guru menyampaikan KD
dan tujuan pembelajaran
-
Mengingatkan
kembali tentang macam-macam bilangan
bulat yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya
Kegiatan Inti
(50 menit)
- Siswa melakukan percobaan dengan menggunakan kancing
berwarna-warni yang dapat membantu siswa memahami sifat-sifat operasi hitung
yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari, misalnya : 5 kancing Merah + 4
Kancing Putih apakah sama dengan 4
kancing Putih + 5 Kancing Merah ? (sifat komutatif penjumlahan).
- Setelah
selesai melakukan percobaan dan ditarik kesimpulan siswa di uji kemampuannya
dengan mengerjakan soal latihan yang ada di LKS hal 2
- Siswa bersama guru
membahas hasil pekerjaan yang ada di LKS dan memberikan nilai
Kegiatan Akhir (10 menit)
-
Guru mengulang
kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian
memberikan pekerjaanrumah dan
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
-
Siswa diajak
merefleksikan kegiatan yang telah dilakukan.
-
Siswa diberi pesan
moral tentang , rasa hormat, menghargai diri sendiri, disiplin , tanggung jawab
, rasa cinta terhadap pelajaran matematika
-
Siswa diberi RTL/ tugas
rumah.
H.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
·
Buku Pelajaran
Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 M.Khafid, Sutati Erlangga.
·
Matematika SD
untuk Kelas V Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 5 B Esis
·
Matematika
Progesif Teks Utama SD Kelas 5 Munawati
Fitriyah Widya Utama
·
Kancing Baju warna-warni
·
White board,
papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis
I.
Penilaian
Penilaian proses : Aspek yang dinilai meliputi prilaku
kerja sama, keaktifan bertanya dan keberanian berpendapat.
Penilaian hasil :Berupa hasil yang dipresentasikan di
depan kelas yang dibuat berkelompok dan hasil tugas individu.
MATERI PEMBELAJARAN
a. Pengertian Bilangan Bulat
Bilangan
bulat adalah bilangan bukan pecahan. Bilangan bulat terdiri dari bilangan :
•
Bulat positif (1, 2, 3, 4, 5, …)
•
Nol : 0
•
Bulat Negatif ( …,-5,-4,-3,-2,-1)
Himpunan
Bilangan bulat:
A = { …, -4,
-3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, … }
Pada garis
bilangan bilangan bulat dapat digambarkan sebagai berikut:
Di dalam
bilangan bulat terdapat bilangan genap dan ganjil :
•
Bilangan bulat genap { …, -6, -4, -2, 0, 2, 4, 6, … }
Bilangan genap adalah bilangan yang
habis dibagi dengan 2
•
Bilangan bulat ganjil { …, -5, -3, -1, 1, 3, 5, … }
Bilangan yang apabila dibagi 2
tersisa -1 atau 1
b. Menggunakan
Sifat-sifat Operasi Hitung Bilangan
1
. Sifat Komutatif (pertukaran)
a.
Sifat komutatif pada penjumlahan
Bentuk umumnya adalah: a + b = b + a
Contoh:
6 + 7
= 7 + 6 Komutatif
3 x 4 = 4
x 3
b.
Sifat komutatif pada perkalian
Bentuk umumnya adalah: a × b = b × a
3 × 4 = 12
4 × 3 = 12
2.
Sifat Asosiatif (pengelompokkan)
a.
Sifat asosiatif pada penjumlahan
Bentuk umumnya adalah: (a + b ) + c = a + ( b + c )
Contoh:
(15 + 2) + 3 = 15 +
(2 + 3)
17 + 3 =
15 + 5
20 = 20
b.
Sifat asosiatif pada perkalian
Bentuk umumnya adalah: (a × b) × c = a × (b × c)
Contoh:
(5 × 7 × 3) = 5 × (7 × 3) = 105 Asosiatif
3.
sifat Distributif (penyebaran)
a.
Sifat distributif perkalian terhadap penjumlahan
Bentuk umumnya adalah: a × (b + c) = (a × b) + (a ×
c)
Contoh:
13 × (12 + 3)
= 13 × 15 = 195
Atau
13 × (12 x 3)
= (13 x 12) + (13 x 3)
=
156 + 39
= 195
b.
Sifat distributif perkalian terhadap pengurangan
Bentuk umumnya
adalah a × (b – c) = ( a × b) – (a × c)
Contoh:
25 × (30 – 10) = 25 × 20 = 500
Atau
25 × (30 – 10) = (25 × 30) – (25 x 10)
= 750 – 250
= 500
MEDIA PEMBELAJARAN
|
Bilangan bulat
terdiri dari
- bilangan asli : 1, 2, 3, ...
- bilangan nol : 0
- bilangan negatif : ..., -3, -2, -1
- bilangan asli : 1, 2, 3, ...
- bilangan nol : 0
- bilangan negatif : ..., -3, -2, -1
Bilangan lain yang berada dalam bilangan bulat, di antaranya adalah
bilangan:
a. Cacah : C = {0, 1, 2, 3, 4, ...}
b. Ganjil : J = {1, 3, 5, 7, ...}
c. Genap : G = {2, 4, 6, 8, ...}
d. Cacah Kuadrat : K = {0, 1, 4, 9, ...}
e. Prima : {2, 3, 5, 7, 11, ...}
a. Cacah : C = {0, 1, 2, 3, 4, ...}
b. Ganjil : J = {1, 3, 5, 7, ...}
c. Genap : G = {2, 4, 6, 8, ...}
d. Cacah Kuadrat : K = {0, 1, 4, 9, ...}
e. Prima : {2, 3, 5, 7, 11, ...}
LEMBAR KEGIATAN SISWA
A. Marilah menyilang (X)
huruf a, b, c, dan d pada jawaban yang benar!
1. Penjumlahan 256 + 512 hasilnya sama dengan...
a. 256 - 512 c. 512 + 256
b. 256 x 512 d. 512 : 256
2. Sifat penjumlahan pada soal nomor 1 adalah....
a. komutatif c. distributif
b. asosiatif d. imajinatif
3.100 x 45 x 4 = ....
a. 900 c. 18.000
b. 1.800 d. 180.000
4. 250 x 4 x 56 paling mudah diselesaikan dengan menggunakan sifat....
a. komutatif c. distributif
b. asosiatif d. imajinatif
5. 36 x 99 = (36 x n) - (36 x 1), nilai n =....
a. 5 c.100
b.10 d. 1.000
6. (23 x 89) + (23 x 11) = 23 x.....
a. 100 c. 80
b. 90 d. 70
7. Bilangan tiga ribu dua puluh dua dilambangkan....
a. 3.000 c. 3.202
b. 3.022 d. 3.002
8. Nilai tempat 2 pada bilangan 2.658 adalah...
a. puluhan c. ribuan
b. ratusan d. puluh ribuan
9. Nilai angka 6 pada soal nomor delapan adalah....
a. 6.000 c. 60
b. 600 d. 6
10. Pembagian di bawah ini adalah pembagian bersisa, kecuali...
a. 60 : 9 c. 125 : 3
b. 90 : 18 d. 500 : 40
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1. (25 x 100) - (25 x 1) = 25 x....
2. 297 + 895 = ....+ 297.
3. 465 + 709 + 291 = ....+ 1.000.
4. 4.501 dibaca.....
5. 9 ribuan + 1 puluhan + 5 satuan = ....
6. Nilai tempat 3 pada bilangan 1.304 adalah ....
7.Angka....pada bilangan 5.127 mempunyai nilai 100
8. Bilangan 1.451 jika dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi....
9. 900 : 27 = ....sisa....
10.Rp. 3.525,00 + Rp. 1.475,00 ditaksir....
1. Penjumlahan 256 + 512 hasilnya sama dengan...
a. 256 - 512 c. 512 + 256
b. 256 x 512 d. 512 : 256
2. Sifat penjumlahan pada soal nomor 1 adalah....
a. komutatif c. distributif
b. asosiatif d. imajinatif
3.100 x 45 x 4 = ....
a. 900 c. 18.000
b. 1.800 d. 180.000
4. 250 x 4 x 56 paling mudah diselesaikan dengan menggunakan sifat....
a. komutatif c. distributif
b. asosiatif d. imajinatif
5. 36 x 99 = (36 x n) - (36 x 1), nilai n =....
a. 5 c.100
b.10 d. 1.000
6. (23 x 89) + (23 x 11) = 23 x.....
a. 100 c. 80
b. 90 d. 70
7. Bilangan tiga ribu dua puluh dua dilambangkan....
a. 3.000 c. 3.202
b. 3.022 d. 3.002
8. Nilai tempat 2 pada bilangan 2.658 adalah...
a. puluhan c. ribuan
b. ratusan d. puluh ribuan
9. Nilai angka 6 pada soal nomor delapan adalah....
a. 6.000 c. 60
b. 600 d. 6
10. Pembagian di bawah ini adalah pembagian bersisa, kecuali...
a. 60 : 9 c. 125 : 3
b. 90 : 18 d. 500 : 40
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1. (25 x 100) - (25 x 1) = 25 x....
2. 297 + 895 = ....+ 297.
3. 465 + 709 + 291 = ....+ 1.000.
4. 4.501 dibaca.....
5. 9 ribuan + 1 puluhan + 5 satuan = ....
6. Nilai tempat 3 pada bilangan 1.304 adalah ....
7.Angka....pada bilangan 5.127 mempunyai nilai 100
8. Bilangan 1.451 jika dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi....
9. 900 : 27 = ....sisa....
10.Rp. 3.525,00 + Rp. 1.475,00 ditaksir....
KUNCI JAWABAN
1. c
2. a
3. c
4. b
5. c
6. a
7. b
8. c
9. b
10. b
1. 99
2. 895
3. 465
4. empat ribu lima ratus satu
5. 9.015
6. ratusan
7. 1
8. 1.500
9. 33 sisa 9
10. Rp. 5.000,00
1. c
2. a
3. c
4. b
5. c
6. a
7. b
8. c
9. b
10. b
1. 99
2. 895
3. 465
4. empat ribu lima ratus satu
5. 9.015
6. ratusan
7. 1
8. 1.500
9. 33 sisa 9
10. Rp. 5.000,00
SKOR PENILAIAN :
ROMAWI I X 2 =
20
ROMAWI II X 3 = 30
TOTAL 50 X 2 = 100
LEMBAR PENILAIAN
1. Penilaian
Aspek Kognitif (N1)
Memberikan petanyaan dalam bentuk isian sesui
dengan meteri pembelajaran. Setiap pertanyaan mempunyai bobot 4.
Bobot penilaian aspek kognitif adalah 20%.
Skor maksimal 12
Rubrik Penilaian Kogntif
Aspek Yang Dinilai
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Apa yang dimaksud bilangan bulat?
|
|
|
|
|
2. Sebutkan
sifat-sifat operasi hitung bilangan?
|
|
|
|
|
3.
Berikan contoh operasi hitung pada bilangan
bulat?
|
|
|
|
|
Jumlah skor Maksimal
Pertemuan 12
|
|
|
|
|
Keterangan : 1. Kurang 2. Cukup 3.
Baik d. Baik sekali
2. Penilaian
Aspek Afektif (N2)
Penilaian didasarkan pada perilaku yang
ditunjukkan siswa selama pembelajaran dengan menggunakan lembar pengamatan
Skor maksimal 5
dan bobotnya 30%.
Lembar
pengamatan Aspek Afektif / Perilaku Siswa selama Pembelajaran
Petunjuk : Berilah tanda √ pada kolom sikap
yang diamati sesuai dengan sikap yang ditunjukkan oleh siswa selama proses
pembelajaran.
RUBRIK PENILAIAN PERILAKU(
AFEKTIF)
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
|
CEK
|
1.Saling
kerjasama dengan teman
|
|
2. Bertanggung
jawab terhadap tugas yang diberikan
|
|
3.Berani
berpendapat
|
|
4.Jujur dalam
perilaku
|
|
5.Menjadi
pendengar ketika guru menjelaskan
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL : 5
|
|
3. Penilaian
Aspek Psikomotor (N3)
Penilaian diambil berdasarkan unjuk kerja atau
kegiatan siswa selama pembelajaran dengan menggunakan lembar pengamatan.
Skor maksimal 50%
Skor maksimal 12
Rubrik Penilaian Unjuk Kerja (Psikomotor)
Aspek Yang Dinilai
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Memahami arti bilangan bulat
|
|
|
|
|
2.
Menyebutkan sifat-sifat operasi hitung
|
|
|
|
|
3.
Menyelesaikan soal dengan operasi hitung
|
|
|
|
|
Jumlah skor Maksimal
Pertemuan 12
|
|
|
|
|
Keterangan : 1. Kurang 2. Cukup 3.
Baik d. Baik sekali
Nilai
akhir (NA) yang diperoleh siswa
NA = (N1
x 2) + (N2 x 3) + (N3 x 5)
10
No comments:
Post a Comment