Sunday, April 14, 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS PAIKEM/CTL IPS



Sekolah                     : 
Mata Pelajaran         : IPS
Kelas/Semester        : V/1
Materi Pokok             : Peta Lingkungan setempat (Jawa Barat)
Alokasi Waktu          : 2 x 35 menit


A.   Standar Kompetensi: Memahami sejarah kenampakkan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan Kota Bandung Provinsi Jawa Barat
B.   Kompetensi Dasar: Membaca peta lingkungan setempat ( kab/kota, provinsi) dengan menggunakanan skala sederhana.
C.   Tujuan : Siswa dapat mengidentifikasi makna simbol-simbol  dengan baik pada peta Kota Bandung Provinsi Jawa Barat.
D.   Metode/strategi PAIKEM : Index Card Match (mencari jdoh Kartu)

E.   Skenario Pembelajaran :

No
Kegiatan Pembelajaran
Pengornisasian



Siswa
Waktu






A.   Kegiatan Awal
1.    Menyimak infromasi tentang tujuan, kegiatan pembelajaran dan penilaian yang akan dilaksanakan
2.    Menyanyikan bersam lagu “ Dari Sabang Sampai Merauke” bertanya jawab tentang isi lagu tadi


Individu



Kelompok

5



5

B.   Kegiatan Inti

1)    Buatlah potongan-potongan kertas sejumlah peserta dalam kelas dan kertas tersebut dibagi menjadi dua kelompok
2)    Tulis pertanyaan tentang materi (Gambar simbol peta) yang telah diberikan sebelumnya pada potongan kertas yang telah dipersiapkan. Setiap kertas satu pertanyaan.
3)    Pada potongan kertas yang lain, tulislah jawaban (makna simbol peta)  dari pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat.
4)    Kocoklah semua kertas tersebut sehingga akan tercampur antara soal dan jawaban.
5)    Bagikan setiap peserta satu kertas. Jelaskan bahwa ini aktivitas yang dilakukan berpasangan. Sebagian peserta akan mendapatkan soal dan sebagian yang lain akan mendapatkan jawaban.
6)    Mintalah peserta untuk mencari pasangannya. Jika sudah ada yang menemukan pasangannya, mintalah mereka untuk duduk berdekatan. Jelaskan juga agar mereka tidak memberikan materi yang mereka dapatkan kepada teman yang lain.
7)    Setelah semua peserta menemukan pasangan dan duduk berdekatan, mintalah setiap pasangan secara bergantian membacakan soal yang diperoleh dengan suara keras kepada teman-teman lainnya. Selanjutnya soal tersebut dijawab oleh pasangannya. Demikian seterusnya.
8)    Akhiri proses ini dengan klarifikasi dan kesimpulan serta tindak lanjut.



Kelompok



























Individu


10


50




F.Media/alat/sumber :

Peta Wilayah kecamatan regol, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, atlas
buku, bolpint, pensil, penghapus dan crayon,
kertas gambar,
Buku Paket Pengetahuan Sosial Jilid 4 Hal 183-184.


F.    Penilaian                  
Partisipasi aktif dalam diskusi kelompok, Presentasi dan kinerja individu
a.    Aspek afektif (sikap), Komponen yang dinilai meliputi keaktifan, dan kemampuan mengungkapkan gagasan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan kegiatan,  dan melaporkan hasil
b.    Aspek psikomotorik Komponen yang dinilai meliputi kemampuan, ketrampilan, ketepatan menjawab pertanyaan
c.    Aspek Kognitif Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan lisan dan tertulis

CATATAN PENJELAS ASPEK-ASPEK CTL :

1.    Aspek Constructivisme . Pada pembelajaran ini siswa secara aktif membaca, mengamati dan mempraktekkan materi pembelajaran secara mandiri. Sehingga ada proses mengkonstruk sendiri terhadap ilmu yang dipelajari
2.    Aspek Inqury-Discovery Learning. Pada pembelajaran ini siswa melakukan diskusi, bertanya penggalian data selanjutnya siswa melakukan hipotesis dan penyimpulan
3.    Aspek Learning Commnunity. Antar siswa dalam setiap kelompok terlibat diskusi dan berbagi pendapat untuk merumuskan kesimpulan diskusi yang akan dipresentasikan dalam diskusi kelompok lainnnya
4.    Aspek Questioning. Ada proses saling bertanya, antara Guru kepada siswa, siswa kepada guru, dan siswa dengan siswa tentang apa yang dipahami, diketahui terkait dengan peta di lingkungan Kota Bandung
5.    Aspek Modeling. Guru menjadi model yang diamati dan ditiru
6.    Aspek Reflectioning. Ada Proses saling menanggapi dan memberi kesan serta evaluasi terhadap proses pembelajaran yang telah diikuti.
7.    Aspek Authentic Assesment. Ada Penilaian otentik guru terhadap proses pembelajaran siswa meliputi : partisipasi dalam kerja kelompok, penyajian/presentasi hasil diskuisi kelompok dan adanya reward/apresiasi kepada kinerja kelompok


Mengetahui                                                      , 30 Juni 2008
Kepala                                                                 Guru

Ttd                                                                         ttd



No comments:

Post a Comment