Sekolah :
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VI/1
Materi Pokok :
Kondisi yang mempengaruhi perubahan pada
benda (suhu
dan Waktu)
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi: Memahami faktor
penyebab perubahan benda
B.
Kompetensi Dasar: Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor penyebab
perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan
C.
Tujuan : Siswa dapat mengidentifikasi
penyebab perubahan benda dengan berbagai kondisi (misalnya : pelapukan kayu,
perkaratan logam, dan membusuknya makanan) dan menunjukkan cara menghambatanya.
D.
Metode/strategi PAIKEM : Eksperimen/Information
Search (mencari Informasi)
E.
Skenario
Pembelajaran :
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
- Kegiatan Awal
Menunjukkan gambar sebuah
tempat pembuangan sampah dengan berbagai jenis sampah yang menggunung. Siswa
diminta menyebutkan berbagai jenis benda ditempat pembuangan sampah tersebut.
- Kegiatan inti
- Membagi
siswa menjadi beberapa kelompok (5-10 siswa tiap kelompok). Setiap
kelompok diminta mengerjakan kegiatan menyelidiki dan mengamati.
- Siswa diajak keluar kelas dan diminta mengamati
benda-benda disekitarnya serta diminta untuk mencari infromasi yang
berkaitan dengan materi.
- Siswa diminta membuat daftar benda-benda yang
mengalami perubahan, misalnya ; kayu yang lapuk, besi berkarat, tembok
berjamur, dan lain-lain. Siswa juga diminta mendaftar benda-benda yang
tidak mengalami perubahan, misalnya ; kaca jendela, papan tulis, dan
lain-lain.
- Siswa diarahkan mencapai kesimpulkan bahwa setiap
benda dapat mengalami perubahan dan perubahan yang terjadi pada benda
berbeda-beda.
- Siswa dimintai mengamati penyebab perubahan benda.
- Siswa diarahkan mencapai kesimpulan bahwa perubahan
yang terjadi pada suatu benda antara lain dipengaruhi jenis benda dan lama
penyimpanan.
- Setiap kelompok diminta membuat laporan singkat dan
membacanya dikelas. Kemudian laporan dikumpulkan sebagai hasil kegiatan.
- Guru menjelaskan materi tentang kondisi yang
mempengaruhi perubahan benda
- Guru melakukan kesimpulan , klarifikasi dan tindak lanjut
3.Kegiatan Akhir
Siswa diminta
menjawab secara lisan beberapa pertanyaan tentang perubahan benda. Misalnya
berapa lama waktu yang diperlukan buah mangga yang masak menjadi busuk, roti
yang berjamur ?
Tugas
Pekerjaan Rumah Kelompok
kegiatan :
- Siswa menyiapkan 2 buah tomat segar yang sudah masak
Satu buah dimasukkan kantong plastik dan satu buah dimasukkan lemari es.
- Siswa mengamati perubahan yang terjadi pada
tomat-tomat tersebut selama 4 hari
- Siswa diminta membuat kesimpulan hasil kegiatan ini.
- Laporan meliputi; kecepatan pembusukan, perbedaan
suhu didalam lemari es dan kantong plastik, serta hal-hal yang
mempengaruhi perubahan buah tomat tersebut.
F.Media/alat/sumber
:
·
Kertas untuk
catatan siswa
·
Spidol, white
board/kapur, black board
·
Lembar Kerja SIswa
·
Buku Pengetahuan
Alam 6 untuk kelas VI SD 59-67
·
204 Percobaan
yang menakjubkan, halaman 53, 57, 57, dan 64. Pakar Raya, Bandung
·
Tomat, gambar roti berjamur, dan lingkungan
sekolah
G.Penilaian
:
- Aspek afektif (sikap), Komponen yang dinilai
meliputi kejujuran, kerjasama, keaktifan, dan kemampuan mengungkapkan
gagasan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan kegiatan percobaan,
berdiskusi dan melaporkan hasil
- Aspek psikomotorik
Komponen yang
dinilai meliputi kemampuan, ketrampilan, ketepatan menggunakan alat dan
melakukan percobaan
- Aspek Kognitif
Komponen yang
dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan lisan dan tertulis
Bentuk Penilaian
a. Tes terstulis : soal-soal ujian diakhir subbab
b. Unjuk kerja : melakukan kegiatan percobaan dan diskusi
c. Portofolio : laporan tertulis
CATATAN
PENJELAS ASPEK-ASPEK CTL :
1.
Aspek Constructivisme . Pada pembelajaran ini siswa secara aktif membaca, mengamati
dan mempraktekkan materi pembelajaran secara mandiri. Sehingga ada proses
mengkonstruk sendiri terhadap ilmu yang dipelajari
2.
Aspek Inqury-Discovery Learning. Pada pembelajaran
ini siswa melakukan diskusi, bertanya penggalian data selanjutnya siswa
melakukan hipotesis dan penyimpulan
3.
Aspek Learning Commnunity. Antar siswa dalam
setiap kelompok terlibat diskusi dan berbagi pendapat untuk merumuskan
kesimpulan diskusi yang akan dipresentasikan dalam diskusi kelompok lainnnya
4.
Aspek Questioning. Ada proses saling
bertanya, antara Guru kepada siswa, siswa kepada guru, dan siswa dengan siswa
tentang apa yang dipahami, diketahui terkait dengan kondisi yang mempengaruhi
perubahan pada benda
5.
Aspek Modeling. Guru menjadi
model yang diamati dan ditiru
6.
Aspek Reflectioning. Ada Proses saling
menanggapi dan memberi kesan serta evaluasi terhadap proses pembelajaran yang
telah diikuti.
7.
Aspek Authentic Assesment. Ada Penilaian
otentik guru terhadap proses pembelajaran siswa meliputi : partisipasi dalam
kerja kelompok, penyajian/presentasi hasil diskuisi kelompok dan adanya reward/apresiasi
kepada kinerja kelompok
Mengetahui Semarang,
30 Juni 2008
Kepala Guru
Ttd ttd
No comments:
Post a Comment