Sunday, April 14, 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS PAIKEM/CTL



Sekolah                     : 
Mata Pelajaran         : IPA
Kelas/Semester        : VI/1
Materi Pokok             : Kondisi yang mempengaruhi perubahan pada   
   benda (suhu dan Waktu)
Alokasi Waktu          : 2 x 35 menit


A.   Standar Kompetensi: Memahami faktor penyebab perubahan benda
B.   Kompetensi Dasar: Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan
C.   Tujuan : Siswa dapat mengidentifikasi penyebab perubahan benda dengan berbagai kondisi (misalnya : pelapukan kayu, perkaratan logam, dan membusuknya makanan) dan menunjukkan cara menghambatanya.
D.   Metode/strategi PAIKEM : Eksperimen/Information Search  (mencari Informasi)
E.   Skenario Pembelajaran :

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
  1. Kegiatan Awal
Menunjukkan gambar sebuah tempat pembuangan sampah dengan berbagai jenis sampah yang menggunung. Siswa diminta menyebutkan berbagai jenis benda ditempat pembuangan sampah tersebut.

  1. Kegiatan inti
  1. Membagi siswa menjadi beberapa kelompok (5-10 siswa tiap kelompok). Setiap kelompok diminta mengerjakan kegiatan menyelidiki dan mengamati.
  2. Siswa diajak keluar kelas dan diminta mengamati benda-benda disekitarnya serta diminta untuk mencari infromasi yang berkaitan dengan materi.
  3. Siswa diminta membuat daftar benda-benda yang mengalami perubahan, misalnya ; kayu yang lapuk, besi berkarat, tembok berjamur, dan lain-lain. Siswa juga diminta mendaftar benda-benda yang tidak mengalami perubahan, misalnya ; kaca jendela, papan tulis, dan lain-lain.
  4. Siswa diarahkan mencapai kesimpulkan bahwa setiap benda dapat mengalami perubahan dan perubahan yang terjadi pada benda berbeda-beda.
  5. Siswa dimintai mengamati penyebab perubahan benda.
  6. Siswa diarahkan mencapai kesimpulan bahwa perubahan yang terjadi pada suatu benda antara lain dipengaruhi jenis benda dan lama penyimpanan.
  7. Setiap kelompok diminta membuat laporan singkat dan membacanya dikelas. Kemudian laporan dikumpulkan sebagai hasil kegiatan.
  8. Guru menjelaskan materi tentang kondisi yang mempengaruhi perubahan benda
  9. Guru melakukan kesimpulan , klarifikasi dan tindak lanjut


3.Kegiatan  Akhir

Siswa diminta menjawab secara lisan beberapa pertanyaan tentang perubahan benda. Misalnya berapa lama waktu yang diperlukan buah mangga yang masak menjadi busuk, roti yang berjamur ?

Tugas
Pekerjaan Rumah Kelompok
kegiatan :
  1. Siswa menyiapkan 2 buah tomat segar yang sudah masak
Satu buah dimasukkan kantong plastik dan satu buah dimasukkan lemari es.
  1. Siswa mengamati perubahan yang terjadi pada tomat-tomat tersebut selama 4 hari
  2. Siswa diminta membuat kesimpulan hasil kegiatan ini.
  3. Laporan meliputi; kecepatan pembusukan, perbedaan suhu didalam lemari es dan kantong plastik, serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan buah tomat tersebut.

F.Media/alat/sumber :
·         Kertas untuk catatan siswa
·         Spidol, white board/kapur, black board
·         Lembar Kerja SIswa
·         Buku Pengetahuan Alam 6 untuk kelas VI SD 59-67
·         204 Percobaan yang menakjubkan, halaman 53, 57, 57, dan 64. Pakar Raya, Bandung
·         Tomat, gambar roti berjamur, dan lingkungan sekolah


G.Penilaian :
  1. Aspek afektif (sikap), Komponen yang dinilai meliputi kejujuran, kerjasama, keaktifan, dan kemampuan mengungkapkan gagasan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan kegiatan percobaan, berdiskusi dan melaporkan hasil
  2. Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan, ketrampilan, ketepatan menggunakan alat dan melakukan percobaan
  1. Aspek Kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan lisan dan tertulis
Bentuk Penilaian
a. Tes terstulis : soal-soal ujian diakhir subbab
b. Unjuk kerja : melakukan kegiatan percobaan dan diskusi
c. Portofolio : laporan tertulis


CATATAN PENJELAS ASPEK-ASPEK CTL :

1.    Aspek Constructivisme . Pada pembelajaran ini siswa secara aktif membaca, mengamati dan mempraktekkan materi pembelajaran secara mandiri. Sehingga ada proses mengkonstruk sendiri terhadap ilmu yang dipelajari
2.    Aspek Inqury-Discovery Learning. Pada pembelajaran ini siswa melakukan diskusi, bertanya penggalian data selanjutnya siswa melakukan hipotesis dan penyimpulan
3.    Aspek Learning Commnunity. Antar siswa dalam setiap kelompok terlibat diskusi dan berbagi pendapat untuk merumuskan kesimpulan diskusi yang akan dipresentasikan dalam diskusi kelompok lainnnya
4.    Aspek Questioning. Ada proses saling bertanya, antara Guru kepada siswa, siswa kepada guru, dan siswa dengan siswa tentang apa yang dipahami, diketahui terkait dengan kondisi yang mempengaruhi perubahan pada benda
5.    Aspek Modeling. Guru menjadi model yang diamati dan ditiru
6.    Aspek Reflectioning. Ada Proses saling menanggapi dan memberi kesan serta evaluasi terhadap proses pembelajaran yang telah diikuti.
7.    Aspek Authentic Assesment. Ada Penilaian otentik guru terhadap proses pembelajaran siswa meliputi : partisipasi dalam kerja kelompok, penyajian/presentasi hasil diskuisi kelompok dan adanya reward/apresiasi kepada kinerja kelompok


Mengetahui                                                        Semarang, 30 Juni 2008
Kepala                                                                  Guru

Ttd                                                                         ttd



No comments:

Post a Comment