Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Diri Sendiri
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta
sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA :
Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara
perawatannya.
3. PKN :
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika :
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa
Indonesia :
·
Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan
dongeng yang dilisankan.
·
Berbicara
: Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan
dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh,
dan deklamas.
·
Membaca
: Memahami teks pendek dengan
membaca nyaring.
·
Menulis
: Menulis permulaan dengan
menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6. Seni Budaya dan Keterampilan :
·
Mengapresiasi
karya seni rupa.
· Mengekspresikan diri
melalui karya seni rupa.
Kompetensi
Dasar :
1. IPS
:
·
Mengidentifikasi
identitas diri , keluarga, dan kerabat.
2.
IPA :
·
Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya
serta cara perawatannya.
3. PKN :
·
Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan
suku bangsa.
4. Matematika :
·
Membilang
banyak benda .
·
Mengurutkan
banyak benda.
5. Bahasa Indonesia :
·
Membedakan
bunyi bahasa.
·
Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun.
·
Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi
anggota tubuh dengan kalimat sederhana.
·
Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan
bentuk huruf.
·
Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan
bentuk huruf.
6.
Seni Budaya dan Keterampilan :
·
Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam
sekitar.
·
Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting /
menyobek..
I. Tujuan Pembelajaran** :
·
Siswa dapat memperkenalkan diri, menceritakan
anggota keluarga yang ada di rumahnya.
·
Siswa dapat menunjukkan bagian-bagian anggota
tubuhdan kegunaannya.
·
Siswa dapat menjelaskan dan membiasakan merawat
tubuhnya.
·
Siswa dapat menjelaskan cirri-ciri fisik dari
laki-laki dan perenpuan.
·
Siswa dapat menyebutkan kegiatan dan permainan
yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
·
Siswa dapat menyebutkan banyak benda.
·
Siswa dapat membandingkan dua kumpulan benda.
·
Siswa dapat membaca dan menuliskan lambing
bilangan.
·
Siswa dapat mengurutkan bilangan dengan pola
teratur.
·
Siswa dapat membilang loncat 2, 3 dan 4.
·
Siswa dapat mencocokan informasi dengan gambar.
·
Siswa dapat menyimak cerita dari gambar seri.
·
Siswa dapat mendengarkan dan menyanyikan lagu.
·
Siswa dapat menyebutkan identitas diri dengan
bahasa yang santun.
·
Siswa dapat menyebutkan cirri-ciri suatu benda.
·
Siswa dapat menjiplak dan menebalkan huruf,
gambar.
·
Siswa dapat menyalin/mencontoh huruf, suku kata dan kata.
·
Siswa dapat menggambar dari serangkaian titik,
garis membentuk karya dua dimensi.
·
Siswa dapat membuat benda karya mainan dengan
teknik menyobek dan menggunting.
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu, Cinta tanah air,
Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Peduli
lingkungan, Peduli sosial, Tanggung
jawab.
II. Materi
Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Identitas diri, keluarga dan kekerabatan.
·
Bagian-bagian anggota tubuh, kegunaan dan cara
perawatan.
·
Hidup
rukun dalam perbedaan
·
Oprasi
hitung.
·
Tanggapan secara nonverbal terhadap informasi yang
didengar.
·
Kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri.
·
Penulisan huruf, kata dan kalimat sederhana.
·
Berbagai jenis dan ukuran unsure rupa dua dimensi
pada berbagai benda.
·
Membuat
karya kerajinan .
III. Metoda
Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
Langkah
Kegiatan
|
Pegorganisasian
|
Pengembangan Diri
|
||
Kelas
|
Waktu
|
Penilaian
|
||
A. Kegiatan
awal :
Apresepsi/
Motivasi :
·
Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan
materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan cara duduk yang baik ketika
menulis, membaca.
·
Mengumpulkan
tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu I
Pertemuan pertama : 3
x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengamati
model/ gambar anggota tubuh.
F Menyanyikan lagu “ dua mata
saya “
F Menunjukkan gambar dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan diskusi sederhana
tentang perbedaan fisik antara laki-laki dan perempuan.
F Menyebutkan perbedaan tugas
antara laki-laki dan perempuan.
F Melakukan tanya jawab
tentang hak dan kewajiban laki-laki dan perempuan.
F Mengamati benda yang
diperlihatkan guru ( kancing, kerang, manik-manik,pensil,dll )
F Mengamati benda yang ada di
sekeliling siswa ( meja, buku, tas,
dll )
F Membilang benda yang ada di
sekeliling siswa dengan jumlah 1- 5 .
F Menyimpan kartu bilangan
pada jumlah benda dengan tepat.
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua
3 x 35 menit ( Bahasa
Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengamati
gambar seri yang menceritakan tentang persiapan ke sekolah.
F Menyanyikan lagu “pergi sekolah “
F Menceritakan dengan kalimat
yang sederhana isi dari gambar tersebut.
F Melakukan tanya jawab tentang
persiapan siswa bila pergi ke sekolah.
F Mendengarkan penjelasan
guru tentang identitas diri, keluarga, dan kerabat.
F Menjelaskan kembali pentingnya identitas diri.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan keuntungan kita
mempunyai identitas diri.
F Membilang benda yang
diamati . secara individual dan klasikal.
F Melakukan penghitungan
benda di depan kelas dengan jumlah 1 – 5
F Menyebutkan bilangan yang
tepat sesuai dengan banyak benda
F Mengisi soal yang berkaitan dengan banyak benda.
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika
)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memperkenalkan
diri di depan kelas identitas diri dengan kalimat yang santun.
F Secara bergiliran
memperkenalkan diri.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menghitung beda pada
gambar/ model dengan jumlah benda 1 –
10.
F Menyebutkan jumlah banyak
benda 1 – 10.
F Meletakkan kartu bilangan
pada jumlah benda dengan tepat.
F Seorang siswa meletakkan
benda dan siswa lain menyimpan
kartu bilangan yang tepat
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Melakukan
pengamatan pada benda untuk menguraikan deskripsinya
F Mengungkapkan deskripsi
benda dalam bentuk, warna, dan permukaa.
F Contoh : Bentuknya panjang , digunakan untuk
menulis, bisa bergambar, dan polos. Semua murid memerlukannya. à deskripsi dari pensil.
F Mencoba untuk
mendeskripsikan benda yang diperlihatkan temannya.
F Mengamati manik-manik,
kancing atau kelereng yang diperlihatkan guru yang berjumlah 1 – 15.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menghitung banyak benda
yang diperlihatkan guru dengan urutan yang benar.
F Menyebutkan bilangan yang
sesuai dengan jumlah banyak benda.
F Menyimpan kartu bilangan
pada benda yang sesuai dengan jumlahnya.
F Menuliskan lambing bilangan
yang tepat sesuai dengan banyaknya benda.
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit
( Matematika, Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengamati dua
kelompok benda yang sama jumlahnya, berbe
F da jumlahnya untuk
menemukan fakta lebih banyak atau lebih sedikit dan sama banyak.
F Membilang tiap kelompok
benda dengan batas jumlah 1- 10.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan bilangan yang
tepat pada tiap kelompok benda.
F Membandingkan jumlah benda
dan menyatakan lebih banyak atau lebih sedikit atau sama banyak pada kedua kelompok
benda tersebut.
F Melakukan hal sama pada dua
kelompok benda dengan jumlah yang berbeda.
F Melakukan pengamatan
terhadap gambar anggota tubuh.
F Menyanyikan lagu “ Dua mata
saya “
F Menyebutkan nama anggota
tubuh yang terlihat pada gambar.
F Menyebutkan nama anggota
tubuh melalui permainan lagu “ Kepala ,pundak lutut kaki …”
F Menunjukkan dan menyebutkan
nama anggota tubuh melalui tubuh
temannya.
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3x 35
menit (Seni Budaya dan Keterampilan,
Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengenal titik
sebagi awal sebuah gambar.
F Menggabungkan beberapa
titik untuk membuktikan sebuah garis terdiri dari sekumpulan titik-titik yang
berderet.
F Mengamati gambar anggota
tubuh
F Menjelaskan kegunaan dari
tiap anggota tubuh dengan
menggunakan bahasa yang sederhana.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat garis lurus, garis
miring, garis zigzag dan garis lengkung.
F Membuat aneka garis ( garis lurus dan garis
lengkung ) yang membentuk gambar lingkaran, segitiga, atau persegi.
F Membuat gambar yang
berunsur garis.
F Mewarnai gambar tubuh
dengan warna yang sesuai dan menjelaskan kegunaan dari tiap anggota tubuh.
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke
2
Pertemuan
pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengamati
model/ gambar anggota tubuh.
F Menyanyikan lagu “ dua mata
saya “
F Menunjukkan gambar dan
menyebutkan nama-nama anggota tubuh
F Menjelaskan kegunaan dari
tiap-tiap anggota tubuh yang diamati.
F Mengamati gambar bagian
anggota tubuh dan menjelaskan kegunaanya.
F Meletakkan kartu yang
bergambar bagian anggota tubuh untuk meletakkan
F Pada kartu yang bertuliskan
kegunaanya.
F Mengamati banyak benda yang
disediakan guru.
F Membilang benda tersebut
dengan jumlah berfariasi. ( 11 – 20 )
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan nama bilangan
sesuai dengan banyak benda.
F Membandingkan kembali dua
kelompok benda yang berbeda jumlahnya.
F Menjelaskan bahwa dua
kumpulan benda tersebut lebuh banyak atau lebih sedikit atau sama banyak.
F Menyebutkan nama teman yang
berjenis kelamin laki –laki dan perempuan.
F Memberikan contoh kegiatan
yang dapat dilakukan oleh laki-laki dan perempuan..
F Melakukan diskusi sederhana
tentang kegiatan yang dapat dapat dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan.
F Mengambil kesimpulan bahawa
hak dan kewajiban laki-laki sama, ada beberapa hal yang tidak dapat dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan sebagai
kodrat.
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua
3 x 35 menit ( Bahasa
Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menyimak tugas
yang disampaikan guru dalam mengerjakan tugas.
F Menjelaskan manfaat
mempunyai alamat tempat tinggal
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat bentuk garis,
lingkaran di udara dengan posisi memegang alat tulis.
F Memperhatikan lembar tugas
yang harus dilakukan adalah menjiplak bentuk, garis dan lingkaran dengan
posisi duduk dan memegang alat tulis yang benar.,
F Menjiplak berbagai bentuk yang mendekati bentuk
huruf.
F Menceritakan alamat rumah
dan alamat sekolah
F Menceritakan kegiatan
sebelum pergi ke sekolah.
F Menceritakan keadaan
sekolah, jarak, dan suasana di sekolah.
F Menyebutkan bilangan yang
tepat untuk jumlah sekumpulan benda.
F Menuliskan di udara bentuk
bilangan 1 sampai 10.
F Menuliskan bilangan yang
sesuai dengan banyak benda pada papan tulis.
F Membaca nama bilangan yang
tertera pada papan tulis.
F Mengerjakan latihan
menuliskan lambang bilanagn dan membacanya secara individual dan klasikal.
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia,
Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menyimak uraian
tugas yang disampaikan guru,
F Memperhatikan Lembar tugas
yang diberikan guru, yang harus
dilakukan adalah menebalkan bentuk, garis, lingkaran dengan posisi duduk dan memegang alat tulis yang baik.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan bilangan yang
tepat untuk jumlah sekumpulan benda.
F Menuliskan di udara bentuk
bilangan 11 sampai 20 .
F Menuliskan bilangan yang
sesuai dengan banyak benda pada papan tulis.
F Membaca nama bilangan yang
tertera pada papan tulis.
F Mengerjakan latihan
menuliskan lambang bilangan dan
membacanya secara individual dan
klasikal.
F Menirukan kata-kata yang
diucapkan guru yang mengandung vocal eu.( ceuli, peureup, beubeur, dll )
F Mengeja setiap kata untuk
membedakan bunyi dan penulisan antara
e`, e, dan eu.
F Membedakan suara e`, e dan
eu pada kata dengan cara menyimpan kartu huruf dengan tepat.
F Membaca ulang secara
individual kata-kata yang mempunyai vocal e`, e, dan eu.
F Membaca ulang secara klasikal kata-kata yang mempunyai vocal
e`, e, dan eu.
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia,
Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Membaca huruf
yang sudah dijiplak dan ditebalkan.
F Membaca lambang bilangan 1
– 10 yang di perlihatkan guru melalui
kartu bilangan secara urut.
F Membaca lambang
bilangan 11 – 20 yang diperlihatkan
guru melalui kartu bilangan secara urut.
F Membaca lambang bilangan 1-
20 yang diperlihatkan guru melalui kartu huruf secara acak.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan menjiplak bentuk
huruf lepas a, i, dengan posisi duduk
dan memegang alat tulis dengan baik.
F Menebalkan bentuk huruf
lepas a , i dengan posisi duduk dan memegang alat tulis
yang baik.
F Menyimpan kartu bilangan
sesuai dengan yang diucapkan guru..
F Mengambil kartu bilangan
sesuka hati lalu membacanya.
F Menuliskan lambang bilangan sesuai yang diucapkan guru.
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit
( Matematika, Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengamati
sekelompok benda yang berjumlah 1 – 10.
F Mengelompokkan benda tersebut
dari jumlah yang terkecil.
F Membaca lambang bilangan
dari tiap jumlah kelompok benda yang telah berurut.
F Membaca hasil jiplakan dan menebalkan huruf yang
sudah dipelajari.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan lambang bilangan
dari tiap jumlah kelompok benda.
F Melakukan menjiplak bentuk
huruf lepas e, o, m, n, b, d dengan
posisi duduk dan memegang alat tulis dengan baik.
F Menebalkan bentuk huruf
lepas e , o, m , n, b , d dengan posisi duduk dan memegang alat tulis yang baik.
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3x 35
menit (Seni Budaya dan Keterampilan,
Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengenal warna
lain selain warna dasar.
F Membaca huruf, suku kata dan kata yang ditulis.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan untuk
mengenal warna dasar, dengan menggunakan cat air, spidol, pensil warna.
F Mewarnai lingkaran, persegi
dan segi tiga dngan warna dasar yang berbeda.
F Mewarnai gambar benda alam
dengan warna yag sesuai.
F Mewarnai gambar benda lain
dengan warna yang sesuai.
F Menyalin / mencontoh huruf,
suku kata dan kata yang mengandung huruf a, I, u, e, o , m, b, d, dan n, b, d
F Menuliskan huruf, suku kata dan kata yang didiktekan
guru.
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 3
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mengamati
model/ gambar anggota tubuh.
F Menyanyikan lagu ” Bangun
tidur ”
F Menunjukkan gambar dan
menyebutkan nama-nama anggota tubuh
F Menjelaskan cara perawatan
anggota tubuh yang diamati..
F Menjelaskan perlunya saling
menghargai perbedaan dari tiap individu.
F Menjelaskan bahwa dari
perbedaan dapat menciptakan kerukunan bukan perselisihan.
F Membaca lambang bilangan dari tiap jumlah
kelompok benda yang telah berurut.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendiskusikan secara
sederhana manfaat merawat anggota tubuh.
F Menyebutkan kerugian bila
tidak merawat anggota tubuh.
F Membiasakan diri untuk
merawat anggota tubuh.
F Menyebutkan jenis permainan
yang biasa dilakukan oleh anak laki-laki
F Memperagakan jenis permainan
yang biasa dilakukan anak laki-laki.
F Menyebutkan jenis permainan
yang biasa dilakukan anak perempuan.
F Mengamati sekelompok benda
yang berjumlah 1 – 10.
F Mengelompokkan benda
tersebut dari jumlah yang terbesar.
F Menuliskan lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok
benda.
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua
3 x 35 menit ( Bahasa
Indonesia, IPS, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Membaca huruf
yang sudah ditulis.
F Menceritakan nama ayah,
ibu, kakak, adik dan kerabat yang ada di rumah.
F Menjelaskan hubungan
kekerabatan antara anggota keluarga yang ada di rumah.
F Menjelaskan bahwa kerukunan harus selalu dijaga.
F Membaca sekelompok bilangan
1 – 20 secara urut.
F Melingkari bilangan yang
berpola loncat ( kelipatan) 2 .
F Membaca nama bilangan yang berpola loncat 2 .
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan/ menyalin kalimat sederhana yang
terdiri dari tiga kata yang dibangun oleh huruf a, i, u, e, o, m, n,b dan d
F Menyalin/ menuliskan huruf yang dipelajari ke dalam
tulisan tegak bersambung.
F Menyebutkan bilangan yang
berpola loncat 2.
F Menuliskan bilangan yang
berpola loncat 2 di papan tulis..
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika
)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menyalin
kalimat sederhana dari papan tulis yang disusun dari huruf yang sudah
dipelajari ke dalam buku tulis sendiri.
F Membaca setiap kalaimat
yang ditulis.
F Membaca sekelompok bilangan
1 – 20 secara urut.
F Melingkari bilangan yang
berpola loncat ( kelipatan) 3 .
F Membaca nama bilangan yang
berpola loncat 3.
F Menirukan kata-kata yang
diucapkan guru yang mengandung vocal eu. ( ceuli, peureup, beubeur, dll )
F Membaca ulang secara
individual kata-kata yang mempunyai vocal e`, e, dan eu.
F Membaca ulang secara klasikal kata-kata yang mempunyai vocal
e`, e, dan eu.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan bilangan yang
berpola loncat 3.
F Menuliskan bilangan yang
berpola loncat 3 di papan tulis..
F Mengeja setiap kata untuk
membedakan bunyi dan penulisan antara
e`, e, dan eu.
F Menunjukkan perbedaan
penulisan huruf e`, e dan eu.
F Menuliskan kata-kata yang
didiktekan yang disusun dari konsonan
dan vokal e`, e, dan eu.
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Menyalin/
mencontoh kata yang ditulis di papan tulis.dengan menggunakan huruf lepas.
F Membaca kata-kata yang
ditulis di papan tulis..
F Membaca sekelompok bilangan
1 – 20 secara urut.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan kata yang didiktekan guru dengan
menggunakan tulsan tegak bersambung..
F Melingkari bilangan yang
berpola loncat ( kelipatan) 4 .
F Menyebutkan bilangan yang
berpola loncat 4.
F Menuliskan bilangan yang
berpola loncat 4 di papan tulis..
F Membaca nama bilangan yang berpola loncat 4.
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit
( Matematika, Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Membaca
bilangan yang berpola loncat 2 ,3, dan 4 .
F Membaca setiap kalimat yang
ditulis dalam buku tulis sendiri.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan lambang bilangan
yang berpola loncat 2, 3, dan 4.
F Melengkapi urutan bilangan
yang berpola loncat 2, 3, dan 4.
F Menyalin/ mencontoh kalimat
dari buku k dalam buku tulis sendiri.
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3x 35
menit (Seni Budaya dan Keterampilan,
Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Melakukan
percobaan untuk mengenal warna tambahan, dari paduan warna-warna dasar dengan
menggunakan cat air.
F Menyebukan warna baru hasil
dari paduan 2 warna dasar yang berbeda.
F Mewarnai bentuk dengan
warna tambahan.
F Menyalin/ mencotoh kalimat
yang ditulis di papan tulis dengan menggunakan huruf lepas.
F Menyalin / mncontoh kalimat yang didiktean guru
dengan menggunakan tulisan sambung.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F memfasilitasi peserta didik
dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Membuat kesimpulan dari
tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
|
|
|
|
|
V. Alat dan
Sumber Belajar
- Buku Sumber :
F
Buku Pengetahuan
sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F
Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F
Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang
relevan
F
Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F
Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa
yang relevan
F
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa
yang relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
- Alat Peraga :
F
Gambar anggoa tubuh.
F
Gambar keluarga dari majalah / foto keluarga.
F
Kartu huruf
F
Kartu bilangan.
F
Manik-manik, kelereng, batu-batuan, kerang.
F Cat air , kuas
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah
pembelajaran
Nilai Budaya
Dan Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||
·
Disiplin : Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai
ketentuan dan peraturan
·
Kerja keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi
berbagai hambatan belajar dan tugas,serta menyelesaikan tugas dengan
sebaik-baiknya
·
Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu
untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki
·
Demokratif ; Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan
kewajiban dirinya dan orang lain
·
Rasa Ingin tah : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih
mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar
·
Cinta tanah
air : Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan,
kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik,
sosial, budaya,ekonomi, dan politik bangsa
·
Bersahabat: Tindakan
yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan
orang lain
·
Menghargai
prestasi: Sikap dan tindakan yang mendorong
dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan
mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain
·
Gemar membaca: Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang
memberikan kebajikan bagi dirinya
·
Peduli lingkungan: Sikap
dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di
sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam
yang sudah terjadi
·
Peduli sosial: Sikap dan
tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan
Tanggung jawab : Sikap
dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang
seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan
(alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa
|
1. IPS :
·
Menyebutkan nama
lengkap dan panggilan besreta usia.
·
Menceritakan alamat tempat tinggal dan alamat
sekolah .
·
Menyebutkan nama ayah dan ibu, serta anggota
keluarga yang tinggal di rumah.
2. IPA :
·
Menunjukkan bagian-bagian tubuh ( mata, hidung,
telinga, gigi, dll)
·
Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang
diamati.
·
Menunjukkan cara merewat tubuh.
·
Membiasakan merawat tubuh agar tumbuh sehat dan
kuat.
3. PKN :
·
Menjelaskan ciri-ciri fisik perbedaan antara
perempuan dan laki-laki.
·
Menceritakan kegiatan yang dilakukan oleh
laki-laki dan perempuan.
·
Menyebutkan jenis permainan yang dilakukan oleh
anak laki-laki dan anak perempuan.
4. Matematika
:
·
Menyebutkan
banyak benda.
·
Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah
lebih banyak dan lebih sedikit.
·
Membaca dan menulis lambing bilangan.
·
Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola
teratur dari yang terkecil.
·
Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola
teratur mulai dari yang terbesar.
·
Membilang loncat 2, 3,
dan 4.
5. Bahasa
Indonesia :
·
Mencocokkan gambar dengan informasi.
·
Mendengarkan cerita gambar seri tentang
persiapan pergi ke sekolah.
·
Mendengarkan dan menyanyikan lagu.
·
Menyebutkan data diri dan identitas keluarga
dengan kalimat sederhana.
·
Menyebutkan warbna, bentuk dan permukaan benda.
·
Menyebutkan nama anggota
6. Seni
Budaya dan Keterampilan. :
·
Mengelompokkan berbagai jenis bintik, garis,
warna dan bentuk pada benda dua dimensi di alam sekitar.
·
Mengelompokkan berbagai ukuran bintik, garis,
bidang, warna dan bentuk pada hasil karya dua dimensi di alam sekitar.
|
Tes lisan Tes tertulis
|
pilihan ganda
isian
|
1.
IPS :
Isilah
titik-titik di bawah ini !
1. nama saya .........
2. rumah saya di
......
3. adik saya ada
.......
4. kakak saya ada
........
5. saya sekolah di
...........
2.
IPA :
Silanglah a, b atau c pada jawaban yang tepat !
1. ini
gambar ………..
a. mata
b. telinga
c. kaki
2. bila
kita makan menggunakan ............
a. tangan
b. Hidung
c. mulut.
3.
membaca menggunakan ......
a. rambut
b. mata
c. Perut
4. mata
saya ada ....
a. satu
b. dua
c. tiga.
5. supaya bersih gigi harus
.....
a. dicuci
b. digosok
c. dicabut
3.
PKN :
Isilah titik-titik di bawah ini !
1. ibu saya seorang
...................
2. anak perempuan bermain
.............
3. layang-layang dimainkan
oleh anak ................
4. sesama teman harus selalu
...........
5. bertengkar perbuatan
..........
4.
Matematika :
1. gambar kelereng ada
.........................
2. gambar bunga ada
........................
3. gambar pensil ada
...........................
4. bangku di kelas ada
......................
5. penghapus papan
tuls di kelas ada .................
5.
Bahasa Indonesia :
·
Cocokkanlah gambar dengan informasi.
·
Ceritakanlah gambar seri tentang persiapan pergi
ke sekolah.
·
nyanyikanlah lagu.
·
Sebutkanlah data diri dan identitas keluarga dengan
kalimat sederhana.
·
Sebutkanlah warbna, bentuk dan permukaan benda.
·
Sebutkanlah nama anggota
6.
Seni Budaya dan Keterampilan. :
·
Kelompokkanlah berbagai jenis bintik, garis,
warna dan bentuk pada benda dua dimensi di alam sekitar.
·
Kelompokkanlah berbagai ukuran bintik, garis,
bidang, warna dan bentuk pada hasil karya dua dimensi di alam sekitar.
·
LKS
·
Lmbar observasi.
|
I.
Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2.
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SD/MI …….
(
………………..………… )
NIP/NIK
: …………………
|
|
……....,
………………… 20…
Guru
Tematik Kelas I
(
…………………...……… )
NIP/NIK
: …………………
|
No comments:
Post a Comment